Pemkab Diminta Konsisten Dengan Target Pembangunan

RPJMD Harus Jadi Rujukan dan ASN Lebih Fokus Bekerja

PANDEGLANG,SNOL–Pemerintah Kabu­paten (Pemkab) harus konsisten ter­hadap target pembangunan, baik yang sudah direncanakan dan disusun, mau­pun dalam pelaksanaannya. Artinya, dibutuhkan keselarasan dan peningka­tan kinerja dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masingmasing dilingkungan Pemkab setempat.

Koordinator Komite Partisipasi Masyarakat untuk Partisipasi dan Transparansi (Kompast), Nouvan Hi­dayat menyatakan, konsistensi yang di­maksud butuh atau harus diaplikasikan dengan kerja – kerja nyata seluruh ASN dilingkungan OPD Pemkab setempat.

“Selain itu, partisipasi masyarakat juga harus diperkuat. Sehingga, para pembijak yang ada di pemerintahan, dapat dengan transparan membuka se­luruh target kinerjanya itu,” kata Nou­van, Kamis (10/5).

Katanya, salah satu contoh, jika Pemkab menargetkan pembangunan infrastruktur jalan selesai di tahun 2019, maka hal itu harus jelas tercapai. Oleh karenanya, Pemkab juga harus tetap berpegang teguh pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Dae­rah (RPJMD) yang sudah disusun dan disepakati bersama.

Bukan saja kinerja ASN dilingkungan Pemkab yang harus lebih ditingkat­kan. Melainkan, kinerja para wakil rakyat yang selama ini terlibat dalam penyusunan anggaran, serta bertugas melakukan pengawasan dan membuat berbagai peraturan perundang – un­dangan (produk hukum), juga harus tercermin sebagaimana mestinya.

“Anggota dewan harus perketat pengawasan kinerja ASN di OPD diling­kungan Pemkab. Jika memang kete­gasan itu dilakukan, pasti akan muncul kesadaran membangun,” tambahnya.

Ia melihat, beberapa ruas jalan di wilayah Pandeglang Selatan, masih ada yang belum tersentuh pembangunan. Bahkan, kalaupun ada sentuhan pem­bangunan, pemeliharaannya dinilai belum maksimal. Ia sangat tidak ingin, APBD yang sudah teralokasikan untuk itu, terbuang siasia.

“Pemkab dan DPRD harus sejalan dan sinergis. Ditambah, libatkan ma­syarakat agar peduli pembangunan,” tandasnya.

Ketua Komisi III DPRD Pandeglang, Iing Andri Supriadi menyatakan, sejak beberapa tahun lalu pihaknya terus me­ningkatkan pengawasan atau kontrolling terhadap proses pembangunan daerah. Bahkan, secara rutin berkoordinasi dan mengevaluasi kinerja OPD terkait.

“Sesekali, kami juga terjun langsung ke lokasi, untuk memastikan sejauhma­na progress dilapangan. Bila ditemukan kejanggalan, kami langsung menegur instansi terkait,” tegasnya.

Dalam setiap kesempatan dan dalam forum Rapat Koordinasi (Rakor) internal pemerintahan, Bupati Pandeglang Irna Narulita kerap mengingatkan dan menegaskan kepada para aparaturnya, untuk selalu meningkatkan kinerja dan fokus pada capaian yang sudah ditargetkannya.

“Semua OPD punya target kinerja masingmasing, semua itu kami evaluasi secara rutin. Bagi OPD yang memang kinerjanya dianggap lemah, tentunya akan ada sanksi, dan bagi OPD yang kinerjanya bagus, tentu akan ada penghargaan,” terang Irna.

Ditegaskannya pula, seluruh program pembangunan yang dicanangkannya, tentu memiliki target – target tertentu, termasuk pembangunan infrastruktur jalan. Selain itu, program pengentasan kemiskinan, atau program – program lainnya. (mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.