Ditinggal Salat Tarawih, Rumah Ludes Terbakar

Diduga Akibat Konsleting Listrik, Kerugian Ditaksir Rp 30 Juta

WANASALAM,SNOL–Keluarga Ursid (40), warga Kampung Sinar Bakti RT 02 RW 01, Desa Cipedang, Kecamatan Wana­salam, Kabupaten Lebak, sontak kaget dan shock. Karena, sepulang salat tarawih rumah yang sudah ditempatinya puluhan tahun, nyaris rata dengan tanah akibat terbakar, sekitar pukul 19.000 WIB, Kamis (31/5). Berun­tung, tidak ada korban jiwa. Karena, seluruh keluarga korban salat tarawih. Hanya saja, kerugian material ditaksir mencapai Rp 30 juta.

Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Wanasalam, Nurman menyatakan, ke­bakaran itu diketahui ketika seorang warga saat melintasi rumah korban, melihat ada api menyala di atap dapur rumah korban.

Kemudian, warga tersebut berteriak meminta tolong kepada warga lain­nya. Dalam sekejap, pemilik rumah dan warga setempat langsung mengham­pirinya dan berusaha memadamkan kobaran api, menggunakan peralatan seadanya.

“Karena bahan material bangunan rumah korban didominasi bahan yang mudah terbakar, sehingga api berko­bar dengan cepat. Sampai api mem­bakar sejumlah barang berharga milik korban,” kata Nurman, saat dihubungi melalui telepon selulernya oleh Satelit News, Jumat (1/6).

Setelah warga bersusah payah ber­gotong – royong memadamkan ko­baran api, akhirnya kurang lebih dari satu jam, api bisa dijinakkan. Namun, sejumlah barang berharga milik korban sudah ludes terbakar.

“Akibat kebakaran tersebut, sejumlah barang berharga diantaranya pakaian 2 lemari, peralatan dapur, ijasah, surat nikah, TV, mesin cuci, kulkas dan ba­rang berharga lainnya, habis terbakar. Sehingga, korban menderita kerugian material sekitar Rp 30 juta,” ujarnya.

Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Kaprawi menambahkan, setelah mendapat laporan dari relawan dan petugasnya yang bertugas di Keca­matan Wanasalam. Pihaknya langsung memerintahkan anggota BPBD lainnya, untuk segera mengecek ke lokasi.

Anggota juga tambahnya, sekaligus membawa bantuan kedaruratan yang akan diberikan kepada korban. “Al­hamdulillah, kebakaran yang diduga akibat konsleting listrik tersebut tidak memakan korban jiwa. Karena pada saat itu, pemilik rumah sedang berada di masjid untuk menjalankan ibadah Solat Tarawih,” imbuhnya. (mulyana/mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.