Pancasila Pemersatu Segala Perbedaan

Dandim Minta Masyarakat Menghindari Perselisihan dan Perpecahan

PANDEGLANG,SNOL–Upacara per­ingatan hari lahir Pancasila tingkat Kabupaten Pandeglang, dipusatkan di Makodim 0601 Pandeglang, Ju­mat (1/6). Komandan Kodim (Dan­dim) 0601 Pandeglang, Letkol [Inf] Fitriana Nur Heru Wibawa bertindak selaku pembina upacara menyam­paikan sambutan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi).

Ia menyampaikan, sejarah la­hirnya Pancasila. Juga mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat, agar bersama-sama memberitahu para generasi muda terkait sejarah tersebut. Karena menurutnya san­gat penting sekali, semua lapisan masyarakat mengetahui sejarah la­hirnya Pancasila.

“Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar be­lakang, duduk bersama untuk mene­tapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berper­an sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi pondasi dibangunnya Indonesia yang ber­satu, berdaulat, adil dan makmur. Sejarah inilah yang harus terus kita jaga dan amalkan, dalam kehidupan sehari-hari,” jelas Letkol [Inf] Fitri­ana, Jumat (1/6).

Dengan modal semangat dan en­ergi kebersamaan lanjutnya, akan mampu mengukir prestasi untuk memenangkan kompetisi. Semua lapisan masyarakat harus percaya diri dan berani bersaing, dalam ke­hidupan dunia yang semakin terbu­ka dan kompetitif.

“Kita harus memperkokoh kekua­tan kolektif bangsa, dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan. Kita harus melakukan lompatan be­sar, untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan tangguh,” pungkasnya.

Senada, Wakil Bupati (Wabup) Ka­bupaten Pandeglang, Tanto Warsono Arban mengatakan, hari lahirnya Pancasila merupakan momentum untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan. Begitu juga, harus mampu menjadikan prestasi.

“Jika dimaknai dalam tata kelola Pemerintahan, tentunya Pemer­intah Daerah (Pemda) harus terus berkomitmen untuk meraih prestasi dalam segala bidang,” tegasnya.

Ia juga sangat berharap, dengan adanya peringatan lahirnya Pancasi­la dapat dijadikan sebagai ajang pen­guatan bagi masyarakat, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan POLRI. Karena katanya, yang dirasakan saat ini nilai-nilai Pancasila sudah mulai luntur.

“Momen 1 Juni ini, diharapkan dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan, serta menguatkan arti Pancasila sebagai acuan kita kede­pan. Agar bangsa ini semakin maju dan bersatu,” imbuhnya.  (nipal/mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.