Duet Fitri Carlina-Danang DA Panaskan BEC 2018

BANYUWANGI, SNOL—Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2018 dijamin semakin meriah. Sebab penyanyi dangdut Fitri Carlina dan Danang D’Academy Asia (DA) siap berduet, Minggu (29/7). Mereka akan mengajak pengunjung BEC bergoyang. Menurut Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, BEC 2018 memiliki warna berbeda dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini pelaksanaan Banyuwangi Ethno Carnival 2018 lebih meriah. Lebih semarak. Agenda yang ditampilkan pun beragam,” papar Pitana. Menurutnya gebyar BEC 2018 lebih besar. “Banyak culture yang akan disajikan. Sayang sekali kalau event ini dilewatkan,” katanya.

Sedangkan Kabid Pemasaran Area I Kemenpar Wawan Gunawan, mengatakan BEC 2018 akan menampilkan kekayaan budaya Banyuwangi. “Banyuwangi kaya akan festival. Dan BEC menjadi salah satu yang terbaik. Di event ini kekayaan budaya Banyuwangi akan disajikan,” papar Wawan.

Dengan kemegahan tersebut, Wawan yakin BEC 2018 akan dipenuhi wisatawan. “Event ini memiliki daya tarik yang tinggi. Dan mampu mendatangkan wisatawan,” tutur Wawan optimis.

Antusias juga diperlihatkan penyanyi dangdut Fitri Carlina. “BEC tahun ini sangat spesial. Eventnya digelar besar-besaran dan lebih semarak. Pasti penuh dengan kejutan. Apalagi, BEC ini digelar sebelum HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus,” ungkap Fitri, Sabtu (28/7).

Karnaval budaya BEC 2018 rilis pada Minggu (29/7). Lokasinya membentang dari Alun-Alun Taman Blambangan hingga Stadion Diponegoro. Rutenya sepanjang 2,5 km. Dengan tema karnaval ‘Puter Kayun’, aksi Fitri bisa dinikmati di stage utama. Fitri menambahkan, kostum yang ditampilkan sangat fresh.

“Nuansanya sangat berbeda. Ada banyak stage yang disiapkan. Menariknya, setiap stage memiliki tema masing-masing. Suasana ini dijamin membuat para pengunjung semakin penasaran,” lanjutnya lagi.

Demi memuaskan pengunjung, aksi panggung terbaik pun sudah disiapkan Fitri. Pemilik nama lengkap Fitri Dian Puspita ini sudah menyiapkan lima lagu. Ada Bulan Andung-Andung, Umbul-Umbul Blambangan, Semebyar, hingga Seraya yang dipopulerkan Chrisye. Menyelipkan nuansa nasionalisme, Fitri juga akan menyanyikan lagu Bendera milik Coklat di puncak acara.

“Tampil di BEC menjadi yang kedua buat saya. Tahun kemarin juga tampil di sini, tapi nuansanya terlihat tidak seperti saat ini. BEC 2018 ini pasti lebih menarik dengan konsep barunya. Yang jelas, saya ingin memberikan penampilan terbaik,” ujar Fitri.

Bukan hanya itu, penampilan spesial juga akan diberikan melalui lagu Semebyar dan Bendera. Sebab, pada lagu ini Fitri akan berduet dengan Danang DA. Fitri mengatakan, duet dengan Danang DA akan menjadi istimewa. Penampilannya ini menjadi duet putra-putri asal Banyuwangi. Keduanya memang lahir di The Sun Rise of Java.

“Bisa tampil dan menghibur di acara sebesar BEC ini menjadi sesuatu yang luar biasa. Apalagi, eventnya ini ada di Banyuwangi. Ini daerah asal saya. Duet dengan Danang di BEC ini juga spesial. Sebab, pada tahun lalu saya masih solo,” kata Fitri lagi.

Berbagai persiapan khusus pun sudah mereka lakukan. Mereka juga aktif berkomunikasi untuk membahas kemasan lagu-lagu yang akan dibawakan. “Kami ini sering ‘contek-contekan’ sama Danang terkait lagu-lagu yang akan dibawakan. Kami harus kompak di lagu ini. Penyesuaian dengan aransemen dan band pengiring juga tidak ada masalah,” ujarnya.

Performa keduanya juga akan ditopang dengan kostum spektakuler. Paket kostum khusus untuk kedua pedangdut ini juga disiapkan. Konsep yang diusung tetap terkait dengan karnaval BEC ini.

Busana ini sengaja dirancang oleh desainer Banyuwangi Oca Laros. Fitri kembali menerangkan, kostum khusus ini akan menambah warna kekayaan Banyuwangi. “Kostum khusus sengaja didesain untuk penampilan ini. Kostumnya dibuat satu paket. Nuansanya ya tetap karnaval. Kami ingin mengenalkan betapa kayanya budaya Banyuwangi ini. Untuk itu, kostum ini juga sengaja dibuat oleh desainer Banyuwangi,” kata Fitri lagi.

Di sisi lain, Fitri juga menampilkan kekayaan lagi dari The Sun Rise of Java. Sebelum naik panggung, Fitri akan melaunching produk baru Savana Banana Cake Banyuwangi. Varian terbaru yang ditawarkan diberi label Savana Havana, tagline-nya ‘Seru Enjonge’. “Kami memang terus kembangkan varian baru. Dan kini, yang dirilis Savana Havana. Rasanya jelas nikmat, silahkan dicoba saja,” ujarnya.

Sementara itu, tampil di BEC terasa spesial bagi Danang. Selain duet dengan Fitri, Danang juga akan membawakan tiga lagu lainnya. Yaitu Rehana, Siti, hingga Laskar Pelangi dengan rasa baru. “BEC ini event besar. Bisa tampil di sini tentu mnggembirakan, apalagi ini daerah asal. Intinya, saya siap memberikan performa terbaik,” pungkas Danang.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak seluruh wisatawan untuk menyaksikan BEC 2018. “Yang pasti tahun ini lebih seru. Lebih meriah. Hal ini juga bisa dilihat dari deretan artis yang akan tampil. Belum lagi parade busana yang ditampilkan. Jadi tunggu apalagi. Ayo segera ke Banyuwangi,” katanya. (*/ip/dm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.