Calhaj Tertua 87 Tahun, Termuda 18 Tahun

333 Calhaj Kloter 61 Diberangkatkan

RANGKASBITUNG,SNOL – Calon Haji (Calhaj) kloter 61 sebanyak 333 orang, diberangkatkan. Diketahui, Calhaj tertua berusia 87 tahun dan termuda 18 tahun. Pemberangkatan dilakukan di Pendopo Bupati Lebak, sekitar pukul 02.00 WIB, oleh Wakil Bupati (Wabup) Lebak, Ade Sumar­di, Selasa (14/8). Mereka akan di­istirahatkan (mukim), di asrama haji Pondok Gede, Jakarta.

Kepala Kantor Kementerian Aga­ma (Kemenag) Wilayah Kabupaten Lebak, Encep Saepudin Muhyi men­gatakan, dengan diberangkatkannya Calhaj kloter 61 ini, maka dengan jumlah Calhaj asal Kabupaten Lebak sebanyak 725 orang, berhasil dib­erangkatkan dengan lancar.

“Sebelumnya, 392 Calhaj kloter 55 sudah diberangkatkan, Sabtu (11/8) lalu. Aalhamdulillah, kali ini untuk kloter 61 juga sudah diberangkat­kan,” kata Encep, Selasa (14/8).

Katanya, di tahun 2018 ini, Calhaj yang berangkat ke tanah suci Makkah bisa berangkat semua tanpa ada yang gagal. “Semoga, para tamu Allah SWT ini bisa menjalankan ibadah rukun Islam ke lima dengan khusu, dan me­nyandang predikat haji mabrur. Tidak hanya itu, peserta yang berangkat dengan jumlah sekian, semoga bisa kembali ke tanah air dengan jumlah yang sama,” harapnya.

Wabup Lebak, Ade Sumardi men­gatakan, pihaknya merasa bersyu­kur, masyarakat Kabupaten Lebak bisa menjalankan rukun Islam yang ke lima ini. Ia berharap, semuanya bisa fokus melaksanakan setiap ru­kun haji dan luruskan niat ibadah, hanya semata-mata karena Allah SWT, serta bisa kembali ke tanah air dengan menyandang haji mabrur dan mabruroh.

“Semua calon haji, senantiasa har­us menjaga kondisi fisiknya. Karena, cuaca di Indonesia berbeda dengan cuaca di Arab Saudi. Tidak hanya itu, saya berharap calon haji ini harus sa­ling bahu membahu dan tolong me­nolong, dalam setiap urusan ibadah haji di Makkah,” ujarnya. (mulyana/mardiana)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.