Dow Chemical Bebersih Pantai Anyar

ANYAR,SNOL- Presiden Direktur PT Down Chemical Indonesia, Vichan Tangkengsirisin mengajak kalangan masyarakat untuk bersih-bersih pantai. Hal itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan pantai dan laut Indonesia yang bersih dari sampah.

Kegiatan bertajuk “PullingOurWeight” ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran akan tanggungjawan perusahaan terhadap lingkungan, khususnya terkait dengan masalah sampah. 

Tahun ini PT Dow Chemical turut mengambil bagian lebih besar, khususnya dalam kegiatan aksi bersih di pantai. Kali ini PT Dow bermitra dengan Ocean Conservancy dan organisasi setempat lainnya. dengan menempatkan diri di posisi terdepan untuk mendorong serta mengajak mitra bisnis, para pelaku industri dan pihak lain untuk melakukan hal serupa. 

Hal itu disampaikan Vichan disela-sela aksi bersih pantai di Pantai Pangaradan, Desa Anyar, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Selasa (18/9). “Dow mengajak karyawan, bahkan teman dan kerabat para karyawan untuk ikut melakukan aksi “PullOurWeight” (bertanggungjawab atas sampah yang kami masing-masing hasilkan) dengan menjadi relawan dalam kegiatan aksi bersih sampah dan mengumpulkan sampah dari daerah pantai, sungai atau lokasi lain, di mana aksi serupa dilaksanakan,” ucap Vichan.

Ia menjelaskan, bahwa ada pesan penting dalam kegiatan yang dilakukan di Pantai Pangaradan itu, yaitu masalah sampah yang sangat mengkhawatirkan. Berdasarkan data Ocean Conservancy International Coastal Cleanup 2017 Report, sekitar 8 juta metric ton (MT) sampah plastik masuk ke perairan laut setiap tahunnya. Kemudian dari data Stemming the Tide: Land-based strategies for a plastic-free ocean, 2015, lebih dari 80 persennya berasal dari sumber di daratan.

“Sampah plastik di laut menjadi masalah yang mendesak untuk segera diatasi, Industri kami saat ini  semakin berkomitmen untuk mengatasi masalah ini. Kami bersama-sama mengembangan gagasan-gagasan dan teknologi baru untuk membantu mengatasi masalah limbah plastic,” papar Vichan.

“Bersama dengan para pelaku industri lainnya, kami harus melaksanakan tanggungjawab kami untuk mendidik masyarakat di sekamir kami dan di seluruh dunia untuk lebih bertanggungjawab atas sampah yang kami hasilkan. Kegiatan aksi bersih internasional hari ini hanyalah satu langkah kecil saja. Kami mau mengambil bagian untuk memimpin transisi menuju masyarakat dan bumi yang lebih berkelanjutan,” imbuh Vichan.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang, Budi Prihasto mengapresiasi kegiatan aksi bersih pantai yang dilaksanakan oleh PT Dow Chemical Indonesia di Pantai Pangaradan. “Dalam rangka penanggulangan sampah di pesisir pantai sebagai objek wisata. Dengan kegiaatan ini bisa memberikan edukasi dan mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan hidup, khususnya persoalan sampah plastic di sepanjang pesisir pantai,” ujar Budi.

Menurutnya, persoalan sampah di pesisir pantai di sebabkan perilaku masyarakat dalam membuang sampah masih kurang. “Kami meminta kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya tidak membuang sampah di sungai maupun di laut,” ucap Budi.

Direktur Eksekutif Rekonvasi Bhumi, Rahadian menambahkan, kegiatan kali ini merupakan upaya meminimalisir dampak sampah terhadap ekosistem perairan laut. “Akan tetapi persoalan sebenarnya adalah management pengelolaan samapah yang masih buruk,” terang Rahadian. 

Pria penerima Kalpataru bidang Penyelamat lingkungan 2010 ini menyatakan, bila manajemen pengelolaan sampah oleh masyarakat tidak berubah, maka sampai kapanpun akan memiliki persoalan yang sama. “Persoalan sampah ini harus melibatkan semua pihak dan kesadaran masing-masing individu dalam membuang sampah dan pengelolaannya,” pungkas Rahadian.

Kegiatan bersih pantai ini diikuti oleh karyawan PT Dow Chemical Indonesia, Pramuka Saka Kalpataru, KNPI dan Karang Taruna Kecamatan Anyer, Kerabat Bhumi serta masyarakat setempat.(CR02/EKY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.