Cisoka Rawan Pencurian Ternak

CISOKA,SNOL Wilayah Kecamatan Cisoka rawan pencurian hewan ternak. Warga Desa Sukatani berhasil menangkap salah satu pelaku pencurian tersebut dan dihakimi sebelum akhirnya diserahkan ke pihak berwajib.

Jajaran Reskrim Polsek Cisoka mengamankan Ma’ruf (28). Pelaku menjadi bulan-bulanan warga setelah diketahui tengah mencuri kambing di Kampung Bunar, Jalan Raya Cisoka, Desa Sukatani, Senin (1/4) siang. Pelaku yang sehari-harinya bekerja sebagai buruh serabutan ini diketahui sudah empat kali melakukan aksinya.

“Pelaku tertangkap tangan sedang mencuri kambing. Aksi pencurian ini memang sudah meresahkan masyarakat. Beruntung anggota kami yang menerima informasi langsung mengamankan pelaku ke Mapolsek Cisoka,” kata AKP Agus Hermanto Kapolsek Cisoka kepada Satelit News, Rabu (3/4).

Berdasarkan pemeriksaan petugas, Ma’ruf sudah empat kali melakukan tindak kejahatan. Hasil curiannya dijual kepada salahseorang warga berinisial JA, di wilayah Cisoka.

“Dia beraksi sendiri dengan mengincar hewan ternak yang berkeliaran tanpa pengawasan. Hasil curiannya dijual masih di wilayah Cisoka dengan harga miring atau murah,” ungkap Kapolsek.

Kambing yang dicuri oleh Ma’ruf sudah dikembalikan kepada pemiliknya karena desakan pemilik. Sebagai barang bukti polisi hanya mengambil gambar foto kambing dan pemiliknya.

“Karena desakan pemilik yang juga warga tidak mampu, jadi kambing kami diserahkan ke pemiliknya lagi, tidak diamankan tapi sudah kami ambil fotonya,” imbuhnya.

Kepada wartawan, Ma’ruf mengaku terpaksa mencuri untuk keperluan sehari-hari. Pendapatannya sebagai buruh serabutan tidak mencukupi biaya hidup dirinya dan keluarganya.

“Saya mencuri secara spontan mas, tidak direncanakan. Kalau nemu di jalan langsung saya ambil kalau kondisinya aman,” akunya.
Akibat perbuatannya, pelaku dikenakan pasal KUHP 363 tentang pencurian dengan ancaman hukuman penjara 7 tahun. (aditya/jarkasih)