KPU Kota Tangerang Verifikasi 5 Lima Kandidat Walikota

TANGERANG, SNOL Lima kandidat mendaftarkan diri di KPU Kota Tangerang sebagai petarung di Pilkada Kota Tangerang. Di hari terakhir, dua pasangan menyerahkan berkas.

Kedua pasangan tersebut adalah Abdul Syukur-Hilmi Fuad yang diusung Golkar dan PKS. Lalu pasangan Harry Mulya Zein (HMZ)-Iskandar Zulkarnaen menggunakan perahu PPP, Gerindra dan PKNU. Kedua pasangan mendaftar Sabtu (8/6).

Sebelumnya, pada Jumat (7/6) lalu, pasangan Miing-Suratno juga telah mendaftar. Pasangan ini diusung PDIP-PAN. Adapun kandidat yang pertama kali ke KPU adalah pasangan Arief R Wismansyah-Sachrudin melalui partai Demokrat, Gerindra serta PKB.

Pasangan Abdul Syukur mendaftar pada pukul 11.00 WIB. Sebelum mendaftar, bersama relawan mereka lebih dahulu menggelar deklarasi di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang. Ribuan massa menghadiri deklarasi ini. Termasuk di antaranya sejumlah fungsionaris Golkar dan PKS.

Dari Golkar nampak hadir Ketua DPD I Partai Golkar Banten, Hikmat Tomet yang juga suami Gubernur Ratu Atut Chosiyah. Sementara mewakili keluarga Syukur, hadir sang kakak, mantan Menteri Luar Negeri RI, Nur Hassan Wirayuda. Selain itu, datang pula pengurus DPW PKS Banten.

Pasangan Syukur-Hilmi hadir ke deklarasi dengan melakukan long march. Perjalanan keduanya mengambil start dari Syukur Center yang terletak di Rawa Cipondoh dengan rute Jalan KH Hasyim Ashari, Jalan TMP Taruna untuk selanjutnya sampai di Alun-alun. Sesampai di Alun-alun, Syukur mendapatkan kesempatan pertama berorasi.

”Kita niatkan dari awal bahwa kita mencalonkan diri sebagai calon walikota adalah untuk melayani masyarakat,” kata Syukur.

Dia juga meminta agar semangat yang telah terbangun tetap dipertahankan sampai 31 Agustus. ”Saya yakin, kader Golkar, kader PKS dan jaringan tetap solid, dan kita akan buktikan bahwa kita bisa menang,” tegasnya.

Syukur mengajak kader Golkar- PAN dan jaringan tidak takut menghadapi pesaingnya. ”Tidak perlu takut, karena niat kita niat baik. Karena niat kita adalah membangun Kota Tangerang,” tegasnya.

Hassan Wirayuda yang berkesempatan berorasi memberikan dukungan buat adik bungsunya. ”Sebagai adik yang paling kecil, Abdul Syukur bisa belajar dari kakak-kakaknya. Termasuk dari mantan Menteri Luar Negeri sembilan tahun dan yang sebentar lagi jadi mantan Walikota 10 tahun H Wahidin Halim,” tegasnya.

Dia yakin Abdul Syukur bersama pasangannya bisa memimpin Kota Tangerang. ”Bahkan akan bisa lebih baik dari kakak-kakaknya,” tegasnya.

Usai berorasi, dengan diantar pendukung Syukur-Hilmi melanjutkan perjalanan ke KPU mendaftarkan diri. Secara umum, tidak ada kendala serius yang dihadapi pasangan ini saat mendaftarkan diri selain hanya kurangnya fotokopi berkas dan item-item yang nanti ada waktu untuk perbaikan.

Pasangan Harry Mulya Zein (HMZ)-Iskandar Zulkarnaen mendaftar di saat injury time. Pasangan ini didukung partai PPP, PKNU serta Gerindra, versi ketua Sofyan Ahmad.

Sempat memberi kabar akan datang pukul 13.00 WIB, pasangan HMZ-Iskandar datang ke KPU pada pukul 21.00 WIB. Begitu sampai di kantor KPU, para pendukung HMZ yang mayoritas berpakaian batik dan seragam berwarna oranye membentuk formasi mengamankan jalur yang bakal dilalui jagoannya. Begitu HMZ turun dari mobil dan memasuki kantor KPU, shalawat tak henti-hentinya dikumandangkan.

Saat menggelar jumpa pers usai mendaftar HMZ tidak dapat menutupi perasaannya. ”Alhamdullilah, saya sudah mendaftarkan diri, dan soal kepengurusan parpol, KPU memang tidak bisa menentukan. Kita akan menunggu hasil verifikasi,” tegasnya.

Iskandar menegaskan, usai pendaftaran timnya akan melakukan pendekatan ke komunitas masyarakat. ”Kalau perlu dalam sehari, sampai sepuluh kali kita adakan pendekatan kepada masyarakat,” terangnya.

Ketua KPU Syafril mengatakan, pihaknya akan melakukan verfikasi terhadap semua berkas calon termasuk dukungan ganda partai Gerindra.

“Kami belum berbicara pada sah atau tidaknya berkas pendaftaran para calon, ini baru kami terima saja nanti kami verifikasi, biar mereka (partai) yang menentukan,” tegasnya. (made/deddy)