Nasib Honorer Diumumkan Selasa di Media Massa dan Papan Informasi

Tabel

SERANG, SN Kepastian pengumuman nama-nama honorer kategori satu (K-1) yang lolos verifikasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) mulai ada titik terang. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten dan BKD kabupaten/kota telah sepakat akan mengumumkan nama-nama honorer yang bakal diangkat jadi CPNS pada Selasa (10/4) pekan depan.
“Berdasarkan kesepakatan bersama, bagi daerah yang sudah menerima data tenaga honorer K-1 yang lolos verifikasi, dipersilahkan mengumumkannya pada pada Selasa (10/4) minggu depan,” ungkap Ganis Diponegoro, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Aparatur di BKD Provinsi Banten, Kamis (5/4).
Media pengumuman yang disepakati adalah media massa cetak dan papan informasi di masing-masing instansi. Sebab masyarakat, terutama tenaga honorer K-1 sudah tak sabar menunggu hasil verifikasi BKN.
“Karena datanya sudah ada, maka harus segera disampaikan. Jika kita menunggu hasil verifikasi honorer K-1 Pemprov Banten, Kabupaten Serang dan lebak, kita belum tahu kapan turunnya,”ungkap dia.
Di samping itu, lanjutnya, BKN juga tidak memberi kepastian kapan hasil verifikasi ketiga daerah tersebut bisa diberitahukan. “BKN hanya menjawab secepatnya. Itu yang jadi alasan lain, kenapa pengumuman harus didulukan,” tandasnya.
Diberitakan sebelumnya, sebanyak 2.105 tenaga honorer katagori satu (K-1) dari Provinsi Banten, Pemkab Lebak dan Pemkab Serang yang telah diverifikasi ulang oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada 2-3 April lalu belum bisa diumumkan. Pasalnya, BKN masih harus melakukan verifikasi lanjutan. Hal ini diketahui dengan surat f-26 Nomor 30/V.106-10/99 dari BKN yang ditujukan kepada Pemprov Banten.
Jumlah honorer Pemprov Banten yang diverifikasi ulang sebanyak 797 orang, Pemkab Serang 662 orang dan Pemkab Lebak 646 orang. Karenanya, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten belum bisa segera mengumumkan honorer yang bakal diangkat jadi CPNS tersebut pada tanggal 5 April ini sebagaimana diperintahkan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Belum diketahui pasti sampai kapan penundaan ini dilakukan.
“Kita belum dapat salinan nama-nama honorer yang lolos verifikasi, makanya belum dapat mengumumkan. Terutama honorer Pemprov, Pemkab Lebak dan Pemkab Serang,” ungkap Kepala BKD Banten, Opar Sohari pada wartawan, Rabu (4/4) di kantornya.
Kata Opar, kabupaten/kota di Banten yang bisa mengumumkan adalah Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Serang dan Cilegon. Sebab, lima daerah ini memiliki honorer K-1 di bawah 500 orang. Meski demikian, Opar meminta lima daerah tersebut tidak segera mengumumkan jumlah tenaga honorer yang lolos verifikasi. Sebab bisa menimbulkan gejolak di daerah lain yang belum diumumkan.(zal/bnn)