Penerimaan CPNS Tangsel Dibuka Oktober

F-TES_CPNS-Dalil_Harahap JPNNSERPONG,SNOL Kabar gembira bagi warga yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Bulan Oktober nanti Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan membuka penerimaan PNS dari jalur umum.

”Berdasarkan instruksi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Oktober nanti Kota Tangsel akan membuka perekrutan CPNS dari jalur umum,” ujar Kepala Dinas Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (DKPP) Kota Tangsel, Firdaus, saat ditemui seusai apel dan halal bihalal SKPD dan staf Pemkot Kota Tangsel di Lapangan Cilenggang, Serpong, Senin (12/8).

Setidaknya akan ada seratus lowongan PNS yang akan dibuka pertama kali laginya ini oleh negara. Posisi yang dibutuhkan pun beragam, mulai dari tenaga pendidik atau guru, teknis dan tenaga kesehatan.

”Paling banyak untuk porsi tenaga pendidik. Namun tetap porsi penerimaan pegawai dibatasi hingga seratus orang saja,” ungkap Firdaus. Penerimaan CPNS tahun 2013 ini akan diberitahukan lebih lanjut melalui website BKPP, media massa baik cetak maupun elektronik.

Firdaus mengatakan, seleksi CPNS tahun ini berbeda dibanding tahun sebelumnya. Mekanisme berbasis teknologi, yaitu computer assent test (CAT), dimana pelamar langsung mengetahui hasil testnya setelah mengerjakan soal ujian seleksi.

“Ada dua tahapan seleksi, pertama melalui CAT, kedua melalui lembar jawaban kerja (LJK),” ungkapnya. Sebelum mengikuti tahapan LJK, pelamar harus lulus saringan tes CAT, yang hasilnya langsung diketahui pada saat itu juga. Adanya sistem ini meminimalisir terjadinya kecurangan.

Persyaratannya, pelamar PNS selain harus lulus seluruh seleksi, juga memenuhi syarat lain, seperti umur di bawah 35 tahun serta indeks prestasi harus memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Pihaknya menjamin penerimaan PNS akan sangat transparan.

Saat dimintai tanggapan mengenai penerimaan PNS tahun ini, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengaku penerimaan PNS tahun ini masih kurang. ”Jumlahnya masih kurang, pegawai yang dibutuhkan Kota Tangsel masih banyak,” ujarnya.

Meski demikian, kuota penerimaan PNS Kota Tangsel masih lebih banyak jika dibanding dua daerah lainnya di Provinsi Banten. Selain wilayahnya yang mendapat kuota seratus orang, ada Cilegon dan Serang yang masing-masing mendapat kuota penerimaan PNS jalur umum sebanyak 50 orang.(pramita/jarkasih)