Rencana Pemekaran Tiga Daerah Otonomi Baru Kandas

SERANG,SNOL– Rencana pemekaran tiga Daerah Otonom Baru (DOB) di Provinsi Banten, yakni Kabupaten Caringin dan Cibaliung di Kabupaten Pandeglang, serta Kabupaten Cilangkahan di Kabupaten Lebak, nasibnya masih di ujung tanduk. Pemerintah Pusat hingga kini masih memberlakukan moratorium (penghentian sementara) pemekaran wilayah.Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Provinsi Banten, Habib Ali Alwi mengatakan, selain pemerintah mengeluarkan kebijakan moratorium, perjuangan pemekaran tiga DOB tersebut harus kembali ke nol. Mengingat, agenda DPR periode 2009 – 2014, tidak diteruskan oleh Komisi II DPR dan anggota DPR dari Daerah Pemilihan (Dapil) Banten periode 2014 – 2019.

Habib juga menyayangkan, DPD tidak memiliki kewenangan untuk memperjuangkan pemekaran wilayah tersebut. Padahal, jika dilihat dari tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) nya, DPD sangat pas jika memiliki hak itu. “Paling kita nanti akan dorong lagi DPR dan Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama dengan Komite I DPD,” jelasnya, Selasa (10/11).

Menurutnya, Kabupaten Lebak dan Pandeglang memang layak untuk dimekarkan, dalam rangka mendekatkan dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat di dua daerah tersebut. “Makanya, kita semua harus terus memperjuangkannya,” tambahnya.

Dihubungi terpisah, Sekretaris Badan Koordinasi (Bakor) Pembentukan Kabupaten Cibaliung, Mochamad Naim menyatakan, pihaknya akan terus memperjuangkan Cibaliung menjadi daerah otonom baru. Iapun yakin, suatu saat pasti keinginan masyarakat Banten bagian selatan akan tercapai. “Mungkin hanya waktunya saja,” tandasnya.(ahmadi/mardiana/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.