Pesta di Akhir Tahun

Liverpool Bantai Arsenal 5-1

ANFIELD, SNOL—Liverpool tertawa lagi. Kali ini tim asuhan Juergen Klopp berhasil mengukir kemenangan besar saat hadapi Arsenal di matchday 20 Premier League, Minggu (30/12) dini hari WIB.

Tampil di Anfield Stadium, Arsenal dibiarkan tertawa terlebih dahulu. Mereka sempat memimpin lewat gol Ashley Maitland-Niles di menit 11. Namun Liverpool langsung bangkit dan mencabik-cabik pertahanan Arsenal. Meriam London tampak keteteran meladeni permainan cepat yang diperagakan tuan rumah.

Pesta gol The Reds dimulai dari aksi Roberto Firmino menit ke-14. Dua menit kemudian, Firmino kembali menyarangkan si kulit bundar. Liverpool memperlebar jarak saat laga memasuki menit 32. Diawali umpan Mohamed Salah, bola lalu masuk ke gawang usai disambar Sadio Mane.

Tak berhenti sampai di situ, Salah ikut mencetak gol di masa injury time babak pertama. Pemain kebangsaan Mesir ini berhasil memanfaatkan peluang dari titik penalti. Hukuman penalti tersebut lahir karena terjadi pelanggaran di area terlarang Arsenal.

Memasuki babak kedua, tim tamu membenahi pertahanannya dengan menarik keluar Shkodran Mustafi dan menggantinya dengan Laurent Koscielny. Strategi itu terbukti cukup ampuh. Meski terus diserang, Arsenal bisa meredam agresivitas tuan rumah.

Namun sayang, terjadi pelanggaran di area kotak penalti pada menit 64. Kali ini kesempatan emas sukses dimaksimalkan oleh Firmino. Dari titik putih, striker kebangsaan Brasil mampu mengubah skor jadi 5-1.

Kedudukan tersebut bertahan hingga laga usai. Buat Arsenal, ini jadi kekalahan paling telak sejak mereka ditangani Unay Emery musim 2018-2019. Untuk sementara Arsenal masih menempati peringkat lima klasemen. Mereka memiliki 38 poin, tertinggal 16 angka dari Liverpool yang kokoh di singgasana.

Dalam laga tersebut, Roberto Firmino bikin rekor baru di Premier League. Mohamed Salah berperan besar di sana. Torehan spesial itu membuat Firmino kini jadi pemain Brasil tertajam di Premier League dengan 43 gol, melewati torehan mantan rekan setimnya Philippe Coutinho (42 gol). Firmino mencatatkan itu dalam 120 penampilannya sejak berseragam Liverpool 3,5 tahun lalu.

Selain itu, Firmino jadi pemain Brasil ketiga yang berhasil bikin hat-trick di Premier League setelah Robinho untuk Manchester City kontra Stoke City pada Oktober 2008 dan Afonso Alves saat membela Middlesbrough menghadapi Manchester City Mei 2008.

Hat-trick Firmino memang jadi headline akhir pekan ini tapi hal itu takkan berarti tanpa peran Salah, yang rela memberikan jatah penalti untuk rekan setimnya itu.

“2018 ditutup dengan hadiah natal dari Mo Salah dan saya sangat suka itu,” ujar manajer Liverpool, Juergen Klopp, seperti dikutip Liverpool Echo.

“Saya suka sikapnya, saya sangat suka dia memberikannya untuk Bobby agar bisa bikin hat-trick,” sambungnya.

“Mo Salah memberikan penalti itu kepada Bobby dan saya hampir menangis karena kami semua tahu Mo sangat ingin mencetak banyak gol. Itu sangat menyenangkan,” ujar Klopp seperti dikutip BBC.

“Secara keseluruhan, saya sangat senang dengan performa para pemain karena kemenangan 5-1 atas Arsenal tidak sering terjadi,” pungkasnya. (jpg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.