154, 3 Ton Garam Dapur Disemai ke Langit

JAKARTA,SNOL Sampai Minggu (17/2) siang, tim teknologi modifikasi cuaca (TMC) sudah melakukan 55 kali penerbangan dengan menaburkan 154,3 ton garam dapur di kawasan langit Jakarta, Bogor, Banten dan Lampung.
“Sabtu dan hari ini kami tetap terbang menggunakan pesawat hercules dan casa,” Kepala UPT Hujan Buatan BPPT F Heru Widodo, Minggu (17/2).
Jumat pekan lalu tim TMC bergerak ke pantai utara Lampung, Serang dan tenggara Serang menyemai enam ton garam. Sedangkan hari Sabtu dan hari Minggu ini tim menyemai garam di wilayah Malimping selatan Pandeglang dan selatan Gunung Salak.
Operasi TMC digelar sejak 26 Januari lalu atas permintaan Gubernur DKI Jakarta kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Untuk mengkaji kondisi cuaca agar bisa membuat dan menerapkan TMC setiap harinya, BPPT bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Kegiatan akan berlangsung sampai Maret mendatang seiring dengan perkiraan cuaca buruk di sekitar Jakarta.
Pelaksanaan TMC dilakukan dengan mengerahkan empat pesawat terbang yaitu 1 Hercules C-130 TNI AU dan 3 peswat CASA 212-200 untuk mempercepat awan menjadi hujan. Sedangkan untuk menghambat pertumbuhan awan dipasang 25 titik GBG (Ground Based Generator) yang membakar flare berisi bahan higroskopis (NaCl).(wid/rmol.co)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.