Mandela Jalani Perawatan di Rumah

JOHANNESBURG,SNOL Meski masih dalam kondisi kritis, mantan Presiden Afrika Selatan (Afsel), Nelson Mandela akhirnya keluar dari rumah sakit tempatnya dirawat di Pretoria, Minggu (1/9).
Tokoh anti-apartheid yang akrab disapa Madiba ini telah kembali ke kediaman pribadinya di Johannesburg.
Dalam pernyataan resminya, Presiden Afsel, Jacob Zuma mengatakan bahwa Mandela akan menjalani perawatan intensif di rumahnya. Presiden Zuma memastikan fasilitas medis yang diterima Mandela di rumahnya sama seperti fasilitas di rumah sakit.
“Petugas medis yang memberikan perawatan di rumahnya sama dengan yang merawatnya di rumah sakit,” ujar Zuma.
Mandela yang kini berusia 95 tahun dirawat di rumah sakit karena menderita infeksi paru-paru. Ia dirawat di rumah sakit sejak 8 Juni lalu.
Hingga hari ini kondisi kesehatan Mandela belum stabil. Pekan lalu, Presiden Zuma sempat meminta masyarakat Afsel untuk mendoakan Mandela dan selalu mengenangnya setiap saat.
Mandela adalah presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan. Ia memenangi pemilu pada tahun 1994 atau empat tahun setelah dibebaskan dari penjara. Peraih penghargaan Nobel tersebut mendekam di penjara selama 27 tahun akibat melawan sistem apartheid di negaranya. (AP/dil/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.