Arsip Hilang, Aset Bisa Melayang

PANDEGLANG,SNOL– Pengelolaan bidang kearsipan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dipandang belum mendapatkan perhatian serius. Padahal, dampak dari pengelolaan arsip sangatlah besar bagi sebuah organisasi pemerintahan. Rektor Universitas Tirtayasa (Untirta) Serang, Soleh Hidayat mengatakan, arsip memegang peran penting dalam roda pemerintahan. Bahkan, dalam kehidupan di negara ini, penataan arsip menjadi salah satu pendukung tata kelola pemerintahan yang baik. Hal tersebut perlu dilestarikan sebagai sebuah pertanggung jawaban kepada generasi mendatang.“Pengarsipan adalah sebuah catataan atau peristiwa yang lalu, saat ini atau yang akan datang dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Soleh, Selasa (10/11).

keberhasilan tentang pengelolaan arsip akan mempengaruhi terhadap kinerja organisasi, karena arsip secara nyata dan berkelanjutan memberikan dukungan kelancaran pada seluruh kegiatan keorganisasian. “Pengelolaan arsip yang akurat akan dapat digunakan oleh pimpinan sebagai bahan pengambilan keputusan karena arsip adalah salah satu sumber informasi untuk mewujudkan Good Gooverment dan Clean Government.

Guna mendukung pencatatan kearsipan yang lebih baik, seluruh SKPD seKabupaten Pandeglang menggelar Bimbingan Tekhnis (Bintek) Peningkatan Kapasitas Aparatur Dalam Tata Kelola Arsip Daerah. “Kami harap, SKPD dapat mengelola arsip dengan baik dan benar. Jangan sampai, akibat kesalahan pengelolaan arsip, sebuah data atau dokumen penting hilang begitu saja,” tambahnya.

Bupati Pandeglang Erwan Kurtubi mengungkapkan, setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh organisasi pemerintahan, tentu akan menciptakan sebuah arsip. “Oleh karena itu, penyelamatan arsip sangatlah penting dilakukan. Sebab, arsip merupakan memory kolektif yang harus dilestarikan dan dijadikan informasi,” ungkap Erwan.

Terpisah, Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (KPAD) Kabupaten Pandeglang, Nuriyah mengatakan, tujuan diadakannya Bintek itu adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang kearsipan khususnya bagi unit kearsipan SKPD dan umumnya bagi Pemkab Pandeglang.

“Sejauh ini, yang berkaitan dengan kearsipan di SKPD masih dianggap hal yang sepele atau tidak penting. Dengan adanya bintek ini, diharapkan pemahaman kita akan bertambah tentang pengelolaan arsip, sehingga arsip di tiap SKPD dapat terkelola dengan baik,” pungkasnya. (mardiana/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.