Walikota Tertibkan Mobil Pedagang Pasar

TANGERANG, SNOl—Sejumlah mobil pedagang pasar Tanah Tinggi yang parkir sembarangan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman mulai dari pintu kereta api sampai dengan lampu merah Puspem ditertibkan petugas gabungan. Penertiban dipimpin langsung oleh Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah.       Mobil pedagang yang parkir sembarangan tersebut dinilai telah melanggar Peraturan Daerah (perda) No 6/2012 tentang Ketertiban Umum, karena telah menyebabkan kemacetan hampir tiap malam di depan Pasar Induk Tanah Tinggi. Penertiban yang dimulai pukul 20.00 WIB itu melibatkan satu pleton pasukan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan dua pleton dari Dinas Perhubungan, berhasil mengamankan beberapa mobil pedagang yang melanggar.

       Walikota yang ikut terjun langsung ke lokasi menegaskan, pihaknya tidak akan menghalangi masyarakat manapun untuk mencari rezeki di Kota Tangerang. Namun, dia juga meminta kepada semua pedagang, baik warga Kota Tangerang maupun pendatang untuk menaati setiap aturan yang telah ditetapkan. “Kalau loadingnya di luar pasarkan akan mengganggu para pengguna jalan yang lain, makanya ini mereka kita tertibkan,” tegasnya.

       “Enggak masalah orang dari mana asalkan ikutin aturannya, jika tidak boleh jualan di trotoar ya jangan jualan,” sambungnya. Secara khusus Arief juga menegur pihak pengelola Pasar Induk Tanah Tinggi. Dikatakannya, pengelola seharusnya juga ikut mengontrol para oknum pedagang yang parkir dan bongkar muat di bahu jalan di depan pasar.

       Walikota juga memerintahkan pengelola Pasar Induk Tanah Tinggi untuk segera menyediakan lahan parkir di sekitar pasar. “Urug saja lahannya, buat parkiran pedagang, kalau parkir beginikan jadinya malah bikin macet, lagian sebelah pasarkan masih ada lahan yang kosong,” ujarnya kepada salah satu staf pengelola pasar.

       Selain itu, dia juga meminta kepada pihak pengelola pasar untuk menyediakan lahan tempat pengolahan sampah terpadu sehingga sampah pasar bisa dikelola secara mandiri sekaligus mengurangi sampah yang diangkut ke TPA. “Volume sampah dari pasarkan cukup tinggi, kalau bisa dikelolakan untungnya nanti buat pengelola pasar juga,” ucapnya.

       Selain menertibkan mobil pedagang yang mangkal sembarangan, aparat gabungan tersebut juga menertibkan para pedagang kaki lima yang berjualan di trotoar jalan. “Jangan jualan di trotoar pak, itu listriknya dari mana ? Waduh nyolong lagi listriknya, Satpol PP cabut saja,” perintahnya.

       Menjelang pukul 21.00 WIB, Walikota bersama rombongan selanjutnya menuju ke arah Mall Tangerang City, di lokasi tersebut Walikota juga memerintahkan kepada petugas Dishub untuk menertibkan angkot yang mangkal di depan mall. Pukul 21.15 selanjutnya rombongan Walikota menuju ke arah Jalan MH. Thamrin untuk menertibkan para pedagang yang bandel berjualan di trotoar di sekitar Trans Mart. (catur/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.