Flyover Lio dan Tanah Tinggi 1.800 Meter

TANGERANG,SN – Flyover atau jalan layang Lio Baru dan Tanah Tinggi, Kota Tangerang rencananya dibangun menyambung. Perencanaan itu tertuang dalam dokumen usulan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat yang resmi telah dilayangkan kepada Direktorat Jenderal (Dirjen) Pekerjaan Umum, Kementerian PU.
Kedua flyover itu dibangun membentang di atas perlintasan kereta api di dua titik yakni, di simpang empat Lio Baru, Kecamatan Batuceper dan Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang. “Pembangunan flyover tersebut sudah kami usulkan. Mudah-mudahan bisa dikabulkan oleh Kementerian PU,” kata Dafyar Eliadi Hardian Kepala Bappeda Kota Tangerang, akhir pekan lalu.
Dalam usulan itu, ada dua opsi pertama dibangun dua buah flyover di masing-masing titik tersebut, dan kedua dibangun flyover mulai dari Tanah Tinggi sampai Lio Baru bersambung.
“Kalau dibangun terpisah, ruas flyover Tanah Tinggi akan dibutuhkan panjang 400-600 meter, dan di perempatan Lio Baru akan memakan ruas lebih panjang yakni mencapi 900-1.000 meter. Kalau disambung, maka akan mencapai panjang lebih dari 1.800 meter,” bebernya.
Menurut Dafyar, usulan tersebut diajukan, untuk mengurangi resiko kecelakaan di atas rel dan menimbang padatnya arus kendaraan di bilangan perempatan Lio Baru tersebut. “Dan sesuai dengan putusan Dirjen Perkeretaapian, jalur kereta api sudah tidak dibenarkan berada sepadan dengan jalan raya. Makanya, kami upayakan agar dibangun flyover di sana,” imbuh Dafyar.
Meskipun belum disetujui pembangunannya oleh Kementerian PU, pihaknya optimis bahwa usulannya tersebut bisa dipertimbangkan pemerintah pusat. Terlebih, selang beberapa waktu diusulkan, Dirjen PU bersama dengan pihak ketiga sudah melakukan tinjauan langsung ke lokasi flyover tersebut. “Responnya bagus, dan kami yakin usulan itu bisa disetujui. Dan tentunya akan kami perjuangkan,” tuturnya.
Sekretaris Dinas PU Kota Tangerang Yanardi mengutarakan, beberapa alternatif desain flyover di Tanah Tinggi dan Lio Baru juga sudah dibuat. Sekedar informasi, sampai saat ini, Pemkot Tangerang telah memiliki lebih dari 10 buah flyover.
Baik yang melintas di persimpangan jalan raya maupun melintas di jalur tol. Diantaranya, Flyover Veteran, Flyover Cibodas, Flyover Cipondoh, Flyover Warung Mangga, Flyover Karang Tengah dan Flyover Cipete. (pane/susilo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.