Ayo! Padamkan Lampu Satu Jam Saja

SERPONG,SN Sekelompok remaja dari organisasi Earth Our (EO) Tangerang mengampanyekan penghematan listrik di Gading Serpong, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Minggu (18/3). Puluhan voluter belia itu berkampanye di tengah ingar-bingar pro dan kontra kenaikan harga BBM dan tarif dasar listrik (TDL).
Mereka mengimbau kepada pengendara yang melintas di jalan itu untuk memadamkan listrik selama satu jam yakni, dari pukul 20.30 – 21.30 Wib. Sosialisasi ini dilakukan secara konvoi dari Pasar Modern Karawaci dan kawasan Gading Serpong.
“Setiap akhir pekan kami mengagendakan sosialisasi penghematan listrik dengan pemadaman listrik di rumah atau dimana saja. Serta matikan alat elektronik yang tidak terpakai selama satu jam,” kata Rahadyan Galuh Dhirabrata Koordinator Media dan Bisnis Earth Our Tangerang, kepada Satelit News.
Remaja yang akrab disapa Galuh juga mengatakan, sosialisasi ini merupakan rangkaian acara yang puncaknya akan jatuh pada 31 Maret mendatang. Acara puncak nanti bakal semarak karena didukung oleh sejumlah komunitas seperti parkour, free cycle, podium skate, komunitas ikan dan komunitas lainnya di Tangerang. “Puncak acara akan digelar di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, dan beberapa pusat perbelanjaan dan keramaian. Dengan aksi pemadaman listrik selama satu jam di malam hari,”paparnya.
Aksi pemadaman listrik ini kata Galuh, merupakan aksi global Indonesia dari WWF. Pada tahun 2007- 2008 hanya dilakukan di lima kota besar. “Nah, baru kali ini di Tangerang mulai diramaikan. Mudah-mudahan banyak mendapat respon positif dari seluruh elemen masyarakat Tangerang,” tuturnya.
Massa juga melakukan aksi pengumpulan tanda tangan untuk mendukung penghematan energi melalui pemadaman listrik. Massa juga membentangkan poster bertuliskan mengajak untuk aksi nebeng atau nebengin orang untuk penghematan bahan bakar. Kemudian bertuliskan saya membawa botol minum setiap hari. Ini untuk mengurangi sampah plastik.
Firman Siswa kelas 7 SMPN 13 Kota Tangerang mengaku, keikutsertaannya dalam komunitas ini untuk menambah wawasan dan pertemanan.  Mereka juga membentangkan pesan bertuliskan ‘Matikan Lampu satu jam saja’ di lampu merah Jalan Sudirman, Kota Tangerang. Mereka bergerak aktif menuju Kampanye 60+ Earth Hour pada (Sabtu 31/3) mendatang.(pramita/susilo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.