Pencuri Emas Dipermak Massa

CILEGON,SNOL M Tommy Hidayatullah (32) terbilang nekad. Akibat kekurangan ongkos ingin menjenguk istrinya yang sedang sakit, warga Kelurahan Karang Mekar Kecamatan Karang Sembung, Cirebon Jawa Barat itu nekad mencuri emas di Toko Merak Mas, tepatnya di Jalan Pulorida Nomor 5 Merak, Selasa (1/5), siang.
Aksi nekadnya itu diketahui buruh bangunan yang sedang memperbaiki toko perhiasan milik Alang. Buruh bernama Nelson (24) yang memergoki aksi pelaku menghampirinya. Saat dihampiri, pelaku sempat mengancam Nelson.
Nelson menyatakan, pada saat itu dirinya melihat pelaku mengambil sebuah kalung emas dari boks toko. Saat kepergok dirinya, pelaku sempat mengancamnya. “Dia bilang jangan macam-macam,” ujarnya menirukan ucapan pelaku.
Ancaman pelaku ia balas dengan teriakan maling. “Pada saat saya berteriak itu, pelaku membuang emas yang dicurinya sambil berlari. Tapi warga berhasil menghadangnya,” ujarnya.
Warga sekitar yang mengetahui ada maling ditangkap, tanpa dikomando ramai-ramai menghakimi pelaku. Kendati pelaku mengelak kalau dirinya disebut seorang pencuri, warga tetap melayangkan beberapa bogem mentah dan tendangan ke arah muka dan bagian tubuh pelaku.
Beruntung, polisi yang sedang berjaga di pos penjagaan lalulintas Pelabuhan Merak langsung mengamankan pelaku yang menjadi bulan-bulanan massa. Beberapa saat kemudian pelaku langsung digelandang ke Mapolsek Pulomerak.
Dari keterangan pelaku di Polsek Merak, dia nekad mencuri kalung emas karena dirinya kehabisan ongkos untuk menjenguk istrinya yang sedang sakit. “Saya ingin sekali menjenguknya. Istri saya ada di Riau Sumatera Selatan,” akunya sambil meringis menahan sakit.
Pemilik toko perhiasan Merak Mas, Alang mengungkapkan, sebelumnya pelaku sempat berpura-pura menanyakan harga emas. “Sempat nanya emas putih berapa harganya, dia juga sempat melihat-lihat emas yang berada di boks. Tapi tiba-tiba orang itu lari dan langsung diteriaki maling sama pekerja bangunan,” terang wanita keturunan Tioanghoa itu yang mengaku belum tahu berapa gram emas yang diambil pelaku.
Kapolsek Merak Kompol Arian P Colibrito mengatakan kasus pencurian emas masih dalam penyelidikan. Jika terbukti melakukan pencurian, pelaku dijerat dengan pasal 326 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman lima tahun. “Nanti kita proses dulu, bagaimana kejadiannya akan kita ketahui,” ujar kapolsek. (man/bnn/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.