Jusuf Kalla Resmikan Gudang PMI Banten

SERANG, SNOL Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, Jusuf Kalla meresmikan gudang regional dan markas PMI Banten  di Jalan Raya Serang Km 5, Kalodran, Kota Serang, Kamis (24/5).  
Gudang Regional dan Markas PMI Banten tersebut menempati lahan seluas 2 hektar dari hibah Pemprov Banten. Bangunan gudang regional dibangun Palang Merah Norwegia dan International Federation Red Cross and Red Societes  (IFRC)  melalui PMI pusat dengan luas 4.000 meter persegi. Untuk markas dan gedung diklat seluas 1.488 meter persegi dibangun dari APBD Pemprov Banten.
Gudang PMI Banten akan menyuplai kebutuhan tanggap bencana di Banten, DKI Jakarta, Lampung, Jawa Barat, dan Kalimantan Barat. “Tanpa peralatan atau logistik, PMI tidak bisa bekerja dalam kondisi tanggap bencana. Semua dibutuhkan dalam operasi kemanusiaan.  Setelah ada gudang logistic ini, maka paling penting garis koordinasi untuk menyuplai kebutuhan ke daerah bencana,” kata Jusuf Kalla.
Dengan diresmikannya gudang regional PMI Banten ini, maka  PMI memiliki empat gudang regional yakni di  Serang (Banten), Gresik (Jawa Timur), Semarang (Jawa Tengah), dan Padang (Sumatera Barat).
“Gudang PMI Banten ini akan menampuk stok untuk melayani 5.000 keluarga atau sekira 60 juta warga yang terkena bencana. Tapi, siapa pun tidak menginginkan bencana, namun kesiapsiagaan diperlukan oleh seluruh masyarakat,”ujarnya.
Perwakilan dari Palang Merah Norwegia Chersti Heroidseide dalam sambutannya mengatakan, dukungan dalam pembangunan gudang regional PMI Banten merupakan salah satu program kerja sama dalam bidang Penanggulangan Bencana di Indonesia.
Ketua PMI Banten Ratu Tatu Chasanah menambahkan, pembangunan Markas PMI Banten merupakan bantuan dari APBD Banten. “Untuk gudang ini, merupakan bantuan yang difasilitasi PMI Pusat.  PMI Banten juga mendapat bantuan satu ambulance dari Perum Penggadaian,”kata Tatu.
Sementara itu, Asda I Pemprov Banten Asmudji HW  yang mewakili Gubernur Banten mengatakan, gedung PMI cukup strategis dan siap membantu masyarakat yang terkenca bencana. “Secara lokasi, Banten diuntungkan karena keberadaan logistik penanggulangan bencana dekat,” kata Asmudji.(eman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.