4 Kecamatan Tak Kebagian Perangkat e-KTP

PANDEGLANG, SNOL Komisi I  DPRD Pandeglang menilai koordinasi yang dilakukan Pemkab Pendeglang dengan Kementrian Dalan Negeri (Kemendagri) lemah, menyusul 4 dari 35 Kecamatan di Pandeglang tidak kebagian perangkat e-KTP.
Kecamatan tersebut masing-masing, Koroncong dengan jumlah penduduk wajib KTP mencapai 1.4035 orang, Majasari 34.830 orang, Pulosari 20.179 orang, dan Kecamatan Sobang 28.247 orang. Penduduk di empat kecamatan itu harus melakukan perekaman di Kecamatan lain.
Ketua Komisi I DPRD Pandeglang, Yadi Murodi meminta Pemkab Pandeglang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) mencari jalan keluar.
Kabid Kependudukan pada Disdukcapil Pandeglang, Ade Rokaesih menjelaskan, masyarakat wajib KTP di Kecamatan Koroncong, akan melakukan perekaman di Kecamatan Karang Tanjung, warga Kecamatan Pulosari di Kecamatan Menes, warga Kecamatan Sobang di Kecamatan Panimbang, dan Kecamatan Majasari melakukan perekaman di Kecamatan Pandeglang.
‘Empat Kecamatan yang tidak mendapatkan jatah perangkat e-KTP dikarenakan tidak terakreditasi oleh pemerintah pusat. Dari 35 Kecamatan se-Pandeglang, hanya 31 Kecamatan yang terakreditasi,” kata Ade.
Saat ini terdapat kerusakan sejumlah perangkat hardware dan software e-KTP di 11 Kecamatan. Hanya satu perangkat yang bisa dioperasikan. “Kami sudah meminta bantuan kepada Pemprov melalui surat permohonan pengajuan pinjaman alat perangkat e-KTP, karena perekaman e-KTP harus selesai sesuai jadwal pada Oktober 2012. Harapan kami Pemprov bisa meminjam alat itu dari kabupaten/kota yang sudah menyelesaikan perekeman e-KTP,” ujarnya. (mardiana/eman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.