Sweeping saat Ramadhan, Ormas akan Ditindak

TANGERANG,SNOL Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang akan menindak organisasi massa (ormas) yang melakukan sweeping selama bulan puasa mendatang. Hal ini merujuk pada instruksi presiden beberapa waktu lalu.
“Ormas yang sweeping selama bulan puasa akan kami tindak. Sebab, tidak bisa sebuah ormas melakukan hal tersebut (sweeping-red) dan bukan kapasitas mereka,” kata Habibullah, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kota Tangerang, Rabu (11/7).
Habibullah juga mengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian, militer dan juga camat hingga lurah di seluruh wilayah Kota Tangerang untuk mengawasi gerakan ormas. Bukan hanya itu, pihaknya juga akan membina langsung ormas selama bulan puasa untuk tidak menyulut keributan.
“Kami minta, pimpinan ormas yang ada bisa mengendalikan anggotanya untuk tidak menyulut keributan selama bulan puasa. Apa lagi, bulan puasa ini adalah bulan suci bagi mayoritas anggota ormas di Kota Tangerang,” imbuhnya.
Berkaitan dengan larangan ormas untuk tidak melakukan sweeping, pihaknya juga telah membentuk tim intelijen khususnya untuk melakukan pengawasan hingga ke tatanan RT/RW untuk mengawasi gerakan anggota ormas.  “Kami sudah sebarkan puluhan intelijen kami di lapangan untuk mengawasi gerakan ormas ini,” tandasnya.
Lebih jauh mantan Camat Neglasari ini menjelaskan, sejak pecahnya beberapa  peristiwa bentrok beberapa waktu lalu, pihaknya bersama jajaran kepolisian, kecamatan dan kelurahan sudah melakukan silaturahmi dan memfasilitasi perdamaian antar ormas. Makanya, setelah ormas ini damai, dia berharap tidak lagi ada bentrok, terlebih pada bulan puasa.
“Perlu diingat, sekecil apapun gerakan ormas ini sangat jadi perhatian dan diawasi ketat Babinsa, Binamas, polisi dan juga pemerintah,” tandasnya.
Terpisah Ketua Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) Kota Tangerang H Tabrani mengatakan, pihaknya akan menaati aturan yang menyatakan ormas tidak boleh melakukan sweeping selama bulan puasa. Bahkan katanya, selama di luar puasa pun organisasinya tidak pernah melakukan sweeping. “Kami taat aturan, tidak akan melakukan hal tersebut,” imbuhnya.
Ketua 1 Pemuda Pancasila (PP) Kota Tangerang H Karnadi mengatakan, pihaknya juga taat atas aturan tersebut. “Kami pastikan tidak ada sweeping oleh PP selama puasa. Kami taat aturan dan akan menjaga kondusifitas selama bulan puasa,” singkatnya. (pane/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.