THR Cair Sepekan Jelang Lebaran

CIPUTAT,SNOL Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Tangsel memastikan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) wajib dilakukan sepekan sebelum lebaran. Sejumlah perusahaan di Kota Tangsel didatangi untuk mendapatkan kepastian hak yang diterima pekerja setiap tahun sekali.
“Kami sudah mendatangi sepuluh perusahaan di Tangsel. Dan rata-rata semuanya bersedia membayarkan THR seminggu sebelum lebaran atau bahkan sebelumnya,” ungkap Kepala Dinsosnakertrans Tangsel, Purnama Wijaya, Selasa (24/7) seusai menyambangi PT Lestari Busana Anggun Mahkota.
Pembayaran THR seminggu sebelum lebaran tersebut sesuai dengan anjuran Walikota Tangsel. Adapun besaran yang diberikan disesuaikan dengan aturan yakni satu kali gaji bagi yang sudah bekerja selama satu tahun, dan prorate bagi yang belum bekerja selama satu tahun. “Bagi yang tidak melaksanakannya akan diberi sanksi teguran oleh Pemda,” imbuhnya.
Selain memastikan pembayaran THR kepada pegawainya, Dinsosnakertrans juga menginstruksikan kepada perusahaan agar mengkoordinasikan mengenai pembayaran zakat di setiap perusahaan. “Hal ini agar pekerja tidak lagi memikirkan zakat setelah mudik. Jadi biar di koordinir perusahaan” ujar Purnama.
Dinsosnakertrans yang hadir bersama dengan Apindo sekaligus memantau hal-hal yang menyangkut ketenagakerjaan lainnya, seperti pemberlakuan jam malam bagi pekerja wanita serta larangan mempekerjakan karyawan di bawah umur.
“Harus ada perbedaan perlakuan bagi wanita yang kena shift malam atau yang sedang hamil. Termasuk larangan mempekerjakan karyawan di bawah umur” tandasnya.(irm/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.