Banten Segera Evaluasi 31 RSBI

SERANG,SNOL Dinas Pendidikan Provinsi Banten dalam waktu dekat ini segera melakukan evaluasi kepada 31 sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di wilayah ini. Evaluasi dilakukan menyusul rencana Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemndikbud) akan menghentikan subsidi untuk sekolah yang berlabel RSBI.
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Banten Hudaya Latuconsina merinci ke-31 sekolah RSBI itu terdiri atas 12 SMA, tujuh  SMK, enam SMP dan enam SD. ”Evaluasi yang dilakukan menyangkut keberadaan RSBI masih layak atau tidak serta mekanisme pembiayaan yang akan diterapkan. Keberadaan RSBI itu sudah cukup lama, tetapi kondisi itu bisa menunjukkan perkembangan yang menurun, bisa jadi akan dihapus,” ujarnya.
Menurut Hudaya, penyelenggaraan pendidikan bertaraf internasional ini dalam ketentuannya sudah jelas menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi. Namun yang menjadi persoalan saat ini, belum jelasnya mekanisme penyerahan penyelenggaraan pendidikan itu, sehingga menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi.
”Jadi perlu ada proses atau mekanisme penyerahan kewenangan secara jelas. Selama ini sekolah berlabel RSBI menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota,” ucapnya.
Hasil evaluasi nanti, diharapkan dapat diketahui kebutuhan biaya untuk penyelenggaraan pendidikan tersebut agar bisa masuk dalam proyeksi penyusunan anggaran anggaran Tahun 2013. ”Kemungkinan bantuan itu dalam bentuk hibah atau bantuan keuangan. Kami akan dihitung pula unit biayanya. Apakah nantinya dihitung setiap murid atau per unit sekolah RSBI tersebut,” jelasnya.
Selain bantuan operasional, lanjut Hudaya, nanti ada bantuan-bantuan yang sifatnya fasilitas. Sehingga bisa mengurangi beban yang selama ini menjadi tanggung jawab masyarakat. ”Penyelenggaraan pendidikan itu saat ini biayanya menjadi tinggi karena adanya biaya yang sifatnya kekhususan seperti investasi, sarana prasarana yang harus memiliki kekhususan mengingat untuk menciptakan SDM yang memiliki kualifikasi tertentu tidak mudah,” imbuhnya.
Diketahui, secara nasional program RSBI mulai dijalankan 2006 lalu. Subsidi yang diberikan pemerintah kepada setiap sekolah berkisar antara Rp 400 juta hingga Rp 500 juta per tahun. Tetapi lambat laun jumlahnya dipangkas. Tahun ini subsidi yang diberikan Kemendikbud kepada RSBI rata-rata Rp 250 juta per sekolah. (eman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.