Titik-titik Macet Mudik Dipasangi CCTV

SERANG,SNOL Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Banten segera melakukan pemasangan CCTV di sejumlah titik rawan kemacetan. Antara lain Pelabuhan Merak, Bandara Soekrano-Hatta, Terminal Poris Plawad di Kota Tangerang, Terminal Pakupatan di Kota Serang, Terminal Terpadu  Merak di Kota Cilegon.
Kemudian, Stasiun KA Rangkasbitung, Stasiun KA Merak, Jalan Jalur Pantura, Pintu tol Cilegon Barat, Flyover Merak, pos jembatan timbang Cikande, dan satu titikdi kawasan wisata yakni di pertigaan Cinangka.
“Pergerakan kendaraan pemudik lebaran 2012 bisa dipantu melalui CCTC itu,” kata Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) Dishubkominfo Provinsi Banten, Nuryanto, kemarin (29/7).
Pemasangan CCTV di titik rawan kecameran itu H-10 lebaran. ”Kami berharap CCTV itu dapat memantau semua titik-titik kemacetan, sehingga petugas lainnya dapat bertindak dan mengalihkan jalur jika terjadi penumpukan di satu titik,” ujarnya.
Sekretaris Dishubkominfo, Herdi jauhari belum lama ini mengatakan, pihaknya bakal menyiapkan sejumlah kantong parkir kendaraan roda dua di sekitar Kota Cilegon. Rencananya, kendaraan roda dua tersebut sebelum masuk ke Merak akan ditampung sementara di wilayah Cilegon, selanjutnya akan dikawal oleh petugas kepolisian ke pelabuhan Merak.
Namun, saat ini pihaknya masih melakukan kordinasi dengan sejumlah SKPD terkait untuk menyiapkan pelayanan pada saat arus mudik lebaran, terutama dengan Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR) dalam upaya menyiapkan infrastruktur jalan dan sarana penunjang lain.
“Kalau ada jalan atau jembatan yang masih rusak, kami juga meminta agar secepatnya diperbaiki dan harus selesai sebelum puncak arus mudik atau biasanya H-7 lebaran,” kata Herdi. (eman)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.