Awas, Kejahatan Geser Koper di Bandara

BANDARA,SNOL Polres Metro Bandara Soekarno-Hatta (BSH) meminta  pengunjung bandara baik yang akan melakukan penerbangan maupun beraktifitas di  agar mulai mewaspadai kejahatan geser koper menjelang mudik Lebaran mendatang.
“Kejahatan yang harus dihindari menjelang musim mudik adalah kejahatan geser koper dan calo tiket. Hati-hati ketika membawa koper dan kalau perlu bawa barang yang dibutuhkan seadanya,” kata Kombes Reynhard Silitonga, Kapolres Metro BSH, Senin (30/7).
Dia menuturkan, pada musim mudik tahun lalu, sedikitnya ada tiga laporan kejahatan geser koper yang diadukan pengunjung. Dari tiga kasus tersebut, semuanya berhasil ditangani. “Biasanya mereka melakukan kejahatan ini secara berkelompok. Makanya, sebelum musim mudik benar-benar berlangsung, kami sudah mulai mengimbau dan melakukan antisipasi,” ucapnya.
Reynhard menambahkan, selain kejahatan geser koper, pada musim mudik warga juga diminta untuk menghindari kejahatan penipuan dan calo tiket. Sebab, sering kali ada laporan warga yang tertipu seperti tiket murah namun tidak berlaku, dan juga tiket mahal karena kelakuan calo. “Mulai saat ini kami mulai razia calo tiket juga. Sudah 12 orang yang kami amankan sepekan belakangan,” tandasnya.
Kasat Reskrim Polrestro BSH Kompol Siswoyuwono menambahkan, untuk pengamanan selama musim mudik mendatang, pihaknya akan menempatkan petugas di semua terminal, yakni Terminal 1, 2, dan 3 untuk menangani tindak kejahatan yang akan terjadi.
Sehingga, ketika ada tindak kejahatan yang tidak diinginkan pengunjung, mereka bisa langsung melaporkan kepada petugas kepolisian yang berjaga dan membuka posko pengaduan kejahatan di masing-masing terminal tersebut. “Selama mudik mendatang, kami akan sediakan posko pengaduan dan layanan informasi di setiap terminal,” tuturnya.
Selain itu, Siswoyuwono juga mengimbau, untuk para pengunjung yang akan melakukan mudik dan akan menginapkan kendaraannya di bandara, agar tidak meninggalkan barang berharga di dalam kendaraanya. “Kami sudah minta kepada petugas parkir untuk mengetatkan pengamanan, namun kami minta juga pengunjung agar mawas diri dan berhati-hati,” singkatnya. (pane/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.