PPD Masih Merugi Urus Buslane

TANGERANG, SNOL Operator buslane yang kini ditangani oleh Perusahaan Umum Pengangkutan Djakarta (PPD) mengaku masih merugi. Meski begitu, mereka tidak khawatir dan tetap optimis bahwa armada ini akan menuai keuntungan di masa mendatang.
Kepala Operasional PPD-Buslane Kota Tangerang Sabar Sihombing mengatakan, untuk saat ini, pihaknya tidak memikirkan untung rugi dalam mengoperasikan buslane. Yang diutamakan adalah pelayanan.  “Kalau dibilang untung masih jauh. Malah kami rugi, dan itu kami anggap masih wajar. Sebab, kerugian saat ini tidak jadi masalah buat kami. Kami hanya ingin menunjukkan dan fokus pada pelayanan yang baik terlebih dahulu,” kata Sabar saat dihubungi, Rabu (29/8).
Malah, tegasnya, untuk tiga bulan pertama ini, pihaknya tidak berpikir sama sekali soal komersialisasi pendapatan. Apa lagi, PPD yang juga menangani busway di Jakarta masih bisa menanggulangi segala biaya operasional buslane di Kota Tangerang. “Dalam waktu dekat, kami akan evaluasi bersama dengan direksi PPD, Pemkot, dan Dishub soal pengembangan buslane ini,” jelasnya.
Disinggung soal gaji pegawai PPD yang ditanggung oleh PPD terkait masih  meruginya buslane, Sabar kembali menegaskan, dengan 6 operator, dan 14 sopir armada buslane, pembiayaannya masih bisa ditanggulangi. Jadi, meskipun merugi, sudah ada anggaran untuk itu. “Jangankan gaji, tunjangan karyawan tetap kami tanggung. Soal itu sudah masuk hitungan,” tambahnya lagi.
Dalam kesempatan itu, Sabar mulai optimis bahwa kedepan buslane ini akan menuai keuntungan. Apalagi, ada upaya pengembangan integrasi buslane dengan busway Jakarta. “Untuk penumpang, rata-rata per hari terus mengalami peningkatan pasca Lebaran ini. Perharinya sudah sampai 500 orang, itu ada tanda-tanda peningkatan dan kami optimis kedepan pasti akan bertambah dan bisa BEP (break even point/balik modal),” singkatnya.
Kepala UPT Angkutan Massal dan Buslane pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Yunianto mengaku, pihaknya juga masih optimis dengan perkembangan buslane. Terlebih, saat ini sudah ada peningkatan jumlah penumpang untuk tiap harinya. “PPD komitmen untuk mengembangkan buslane bersama kami. Kami pun optimis kedepan buslane akan menuai keuntungan,” singkatnya. (pane/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.