450 Calhaj Kota Tangerang Awali Kloter Haji

TANGERANG,SNOL Jum’at (21/9), kloter pertama keberangkatan calon jamaah haji (calhaj) Indonesia dilepas oleh Menteri Agama Suryadharma Ali di Bandara Soekarno Hatta. Kamis (20/9), Pemerintah Kota Tangerang yang berkesempatan memberangkatkan jamaah haji pertama, melepas 450 jamaah hajinya di Masjid Al Adzom Tangerang.
Suasana haru sangat terasa di sekitar Masjid Al Adzom yang berada di Pusat Pemerintahan Kota Tangerang. Seluruh keluarga jamaah mengantarkan hingga calhaj menaiki satu persatu bis yang membawa mereka hingga ke asrama haji Pondok Gede, Bekasi.
“Kami berharap semoga para jamaah haji ini bisa kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji mabrur,” ucap Wakil Walikota Tangerang Arief Wismansyah saat melepas sebelas bis yang mengangkut para calhaj.

Kesiapan jamaah haji Kota Tangerang dalam hal kesehatan maupun pelunasan biaya haji ke Tanah Suci Mekkah, disebut Arief menjadi faktor utama dipilihnya Kota Tangerang menjadi kloter dan gelombang pertama dalam keberangkatan nasional pada tahun ini.  Zainal Arifin, Kepala Kementerian Agama Kota Tangerang,  ke-450 jamaah terbagi menjadi tiga kloter. “Ditambah dengan petugas lima orang pada gelombang pertama. Sehingga hari ini (kemarin,red) memberangkatkan sebanyak 455 jamaah haji,” jelas Zainal.

Sementara itu, gelombang kedua akan diberangkatkan sekaligus lima kloter jamaah haji. “Sehingga total Kota Tangerang memberangkatkan sekitar 2.122 jamaah hajinya,” ujarnya. Enam orang gagal berangkat tahun ini. Antara lain satu orang meninggal dunia, lima orang lainnya sakit dan menunda keberangkatan tahun depan. Untuk mengisi kekosongan kuota tersebut, sesuai aturan Zainal mengisinya dengan camaah haji berusia lansia. “Usianya 87 tahun keatas, namun tentu sudah mengisi persyaratan haji,” jelasnya. (pramita/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.