3 Pengedar Ganja Dibekuk

TIGARAKSA,SNOL Satuan Reserse Narkoba Polres Kota Tangerang berhasil mengungkap jaringan pengedar ganja di Tangerang. Sejak Minggu (7/10) hingga Senin (8/10), tiga orang berhasil dibekuk di lokasi berbeda, Yakni di Jalan Caplang Perumahan Pondok Alam Permai, Jatiuwung dan di Perumahan Persada Raya, Priuk Kota Tangerang. Barang bukti ganja kering 1 kg diamankan.
Wakasat Resnarkoba Polres Kota Tangerang, AKP Wempy mengatakan, para pelaku yang ditangkap masing-masing berinisial AG (22), WH (20) dan AN (22). AG ditangkap pada Senin (8/10) setelah polisi melakukan pengembangan dari AN dan WH yang sudah lebih dulu ditangkap Minggu (7/10)

“AG kami tangkap di pinggir jalan tepatnya di Perumahan Persada Raya Desa Gembor Kecamatan Priuk Kota Tangerang. Dalam aksi penangkapan ini polisi sempat terlibat aksi kejar-kejaran dengan tersangka,” ungkapnya kepada wartawan koran ini, Rabu (10/10).

Dari hasil penangkapan AG ini polisi menemukan daun ganja 1 bungkus yang dilakban seharga Rp2,5 juta, dengan berat mencapai 1 kg. Kepada petugas, AG mengaku mendapat barang ini dari AL di Jakarta Barat. “AL kini masih dalam pengejaran petugas. Sementara ketiga tersangka yakni AG, WH dan AN sudah dikirim ke Lapas Jambe,” tegasnya.

Pengungkapan jaringan pengedar ganja ini berdasarkan informasi dari warga. Kemudian polisi langsung menyisir Jalan Caplang Perumahan Pondok Alam Permai Desa Alam Jaya Kecamatan Jatiuwung Kota Tangerang. Sekitar pukul 20.30 Wib polisi berpakaian preman menangkap WH (20) di lokasi tersebut. Setelah diperiksa, rupanya WH telah mengkonsumsi barang haram tersebut.

“Petugas langsung menggeledah tersangka. Hasilnya, tersangka memiliki dan menyimpan daun ganja 1 bungkus kertas koran dalam saku celana sebelah kiri, serta dua linting kertas warna merah putih dalam bungkus rokok, yang  dimasukkan kedalam kantung celana sebelah kanan,” tuturnya.

Tersangka WH kemudian dibawa ke Polres untuk dimintai keterangan. Setelah diperiksa sekitar pukul 23.30 Wib polisi langsung menangkap AN (22) di Perumahan Pondok Alam Permai Desa Alam Jaya Jatiuwung Kota Tangerang. “WH mengaku membeli barang dari AN pada pukul 13.00 Wib di Perumahan Pondok Alam Permai. WH bertemu AN di dekat rumahnya. Setelah memesan 2 bungkus kertas koran, narkotika jenis daun ganja seharga Rp50 ribu, kemudian WH meraciknya menjadi 1 bungkus kertas koran dan tiga linting,” kata Wempy.

Saat penangkapan AN, petugas tidak menemukan barang bukti. Namun AN mengakui jika WH mendapatkan barang haram tersebut darinya, setelah dibeli. Kepada petugas AN mengaku mendapatkan barang dari AG pada hari Minggu kemarin pukul 10.00 Wib, di Perumahan Total Kecamatan Jatiuwung.

Akibat perbuatannya, para tersangka melanggar penyalahgunaan narkotika golongan I dalam bentuk tanaman jenis daun ganja sebagaimana, dimaksud dalam pasal 111 ayat (1) UU RI nomor 35 tahun 2009 Tentang Narkotika. “Ancaman hukuman penjara maksimal 12 tahun penjara. Sementara kasus ini masih terus kami kembangkan,” tutupnya. (fajar aditya/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.