Ribuan Pelamar Padati Job Fair

KELAPA DUA,SNOL Para pencari kerja (Pencaker) menyerbu 34 perusahaan yang membuka stand Job Fair Terpadu di Taman Sari kawasan Lippo Karawaci Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang. Sekitar 3.393 lowongan pekerjaan tersedia sepanjang bursa kerja yang digelar hingga Kamis (11/10).
Stand bursa kerja yang mengambil lokasi di pusat area jajanan Taman Sari itu sudah terlihat ramai sejak pukul 08.00 Wib pagi atau dua jam sebelum acara dimulai. Dengan membawa amplop coklat berisi berkas lamaran, para pelamar yang mayoritas lulusan SMA/SMK itu terlihat mengantri dan meneliti berbagai lowongan kerja yang disediakan 34 perusahaan dari wilayah Kabupaten Tangerang.

“Kebetulan saya lulusan SMK jurusan akutansi, jadi mencari kerja seperti administrasi perkantoran atau gudangnya, ini masih terus mencari. Sementara baru satu perusahaan yang cocok,” ujar Sarah Widya (18), salah seorang pelamar yang masih terus mencari lowongan pekerjaan yang cocok dengannya.

Sementara itu, dari pihak perusahaan ada saja cara mereka untuk menarik perhatian calon pelamarnya. Seperti yang dilakukan pada stand PT Sinar Sosro, perusahaan yang berlokasi di Jalan Raya Legok Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang ini menghadirkan dua wanita cantik staf HRD di meja penerima calon pelamarnya.

“Posisi yang kami tawarkan pun beragam, dimulai untuk lulusan SMA/SMK, D3, S1, hingga posisi unit manager untuk jenjang pendidikan S2,” ujar Rahman, bagian personalia dari PT Sinar Sosro. Selain Sosro, Imperial Golf Lippo pun turut andil mencari para pelamar.

Dikatakan Sinta, salah seorang staf yang menerima calon pelamar, lapangan golf yang berada ditengah kawasan mewah Lippo Karawaci tersebut sedang membutuhkan banyak Caddy, Marketing, dan berbagai staf lain yang membutuhkan mayoritas lulusan SMA/SMK.  “Jika ada yang berminat bergabung bersama kami, hari Jumat (12/10) datang dan melakukan sesi interview dikantor kami,” ujarnya.

Berdasarkan pengamatan Satelit News di lapangan, dari puluhan perusahaan yang bergabung di Job Fair Terpadu Kabupaten Tangerang tersebut, tidak ada satupun stand yang diisi oleh perusahaan atau yayasan outsoursing.

Sementara itu, menurut Hery Heryanto, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Tangerang, job fair yang diadakan hingga hari ini (11/10), menyediakan 3393 lowongan pekerjaan.

“Dari 34 perusahaan yang bergabung, ada 3393 lowongan pekerjaan yang tersedia,” ujarnya. Industri alas kaki lah yang mendominasi ketersediaan lowongan kerja, selebihnya disusul oleh perbankan, finance, elektronik, makanan dan minuman.

Sejauh ini sudah sekitar 23 ribu pelamar yang tersaring di tiga ratus lebih perusahaan yang berada di kawasan Kabupaten Tangerang. Dan pada Job Fair Terpadu Kabupaten Tangerang tahun ini, Hery berarap pihaknya bisa mengurangi angka pengangguran dan mempertemuan antara si pelamar dengan perusahaan yang membutuhkan pekerja. (pramita/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.