Wakapolri: Tangsel Belum Perlu Polres

CIPUTAT, SNOL Harapan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memiliki Polisi Resort (Polres) sendiri sepertinya bakalk sulit terwujud dalam waktu dekat. Meski DPRD setempat terus mendorong agar segera dibangun Polres, namun Mabes Polri merasa belum perlu dengan berbagai pertimbangan.
Wakapolri Komisaris Jenderal (Komjen) Nanan Sukarna mengatakan, Polri belum berpikir untuk membentuk Polres mandiri di Kota Tangsel. “Tak perlu ada Polres di Kota Tangsel. Polsek-nya saja yang dikuatkan,” tegas Nanan Sukarna disela-sela ceraham umumnya di Aula Student Center Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Ciputat, Rabu (10/10).

Nanan menjelaskan, saat ini alur komando pengamanan dan laporan masyarakat yang membutuhkan keamanan dan kenyamanan dari Polri langsung dialirkan Polda ke Polres hingga Polsek di masing-masing wilayah. Makanya, Polsek sebagai garda terdepan dalam memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat harus  terjun langsung ke lapangan.

“Keberadaan Polres Tangsel bukan suatu kebutuhan yang mendesak. Bila perlu jumlah personel di masing-masing Polsek di wilayah Kota Tangsel saja yang ditambah. Artinya, polisi sebenarnya tak perlu banyak di kantor, tapi di lapangan. Masalahnya lagi, kalau kita bangun Polres anggarannya tidak ada,” tutur Nanan.

Sementara itu, berbagai elemen masyarakat di Kota Tangsel, hingga legislatif maupun eksekutif menganggap perlu keberadaan Polres Kota Tangsel. Tujuannya, agar kebutuhan masyarakat akan keamanan di wilayah tersebut bisa terjamin cepat.

“Aparat Korps Bhayangkara di daerah penyangga ibukota ini melihat letak geografis Tangsel strategis. Makanya, butuh Polres sendiri dan tidak selamanya menginduk pada Polresta Tangerang dan Polres Jakarta Selatan,” sebut Muhammad Acep, Sekretaris Lumbung Informasi Rakyat (Lira) Tangsel.

Tentunya, lanjut Acep, keberadaan Polres Tangsel sudah selayaknya didirikan. Apalagi angka gangguan keamananan sudah semakin tinggi dan Kota Tangsel seringkali menjadi lokasi persembunyian kelompok teroris. “Jadi bapak-bapak polisi yang sependapat dengan kami, tentunya juga berharap Polres Tangsel secepatnya ada,” ujar Acep.

Masih terkait dengan kebutuhan Polres Kota Tangsel, Ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRD setempat Rizky Jonis pun berpendapat butuhnya keberadaan Polres tersebut. terlebih, lembaga eksekutif dan legislatif telah membuat Struktur Organisasi Tingkat Kerja (SOTK) dan penyediaan lahan untuk realisasi pembentukan Polres itu.

“Kita optimisi 2013 besok sudah terbentuk karena SOTK-nya sudah masuk ke pak Nanan (Wakapolri). Tapi, kalau masih ada silang pendapat itu bisa dibicarakan lebih lanjut,” imbuh Jonis. (pane/deddy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.