BNPT Bentuk Forum Koordinasi Cegah Terorisme di Daerah

SERANG,SNOL Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) membentuk Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme di daerah, dalam upaya implementasi pencegahan terorisme di seluruh wilayah Indonesia.
Deputi I Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Agus Surya Bhakti di Serang, Rabu (20/2), mengatakan, pembentukan FKPT bertujuan untuk mensinergikan upaya pencegahan terorisme yang melibatkan seluruh unsur masyarakat dan pemerintah daerah dengan berbasiskan penerapan nilai kearifan lokal.
Nilai kearifan lokal seperti tenggang rasa, gotong-royong, saling menghormati dan menghargai perbedaan dengan berbagai ragam aplikasi di wilayah Indonesia, terbukti menjadi perekat dalam rangka ‘nation building’.
Agus mengatakan, FKPT merupakan forum non-partisan sehingga kehadirannya diharapkan mampu menjalin kordinasi yang terpadu dan integratif, serta merangkul seluruh elemen masyarakat. Kordinasi dan kerjasama antara pemerintah pusat, daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, TNI/Polri dan seluruh organisasi kemasyarakatan, merupakan langkah nyata dalam upaya bersama mencegah berkembangnya terorisme.
Ia menambahkan, perkembangan aksi terorisme saat ini telah terjadi dinamika dalam modus operandi dan peta kelompok radikal terorisme di Indonesia. Dinamika tersebut ditandai dengan pergeseran sasaran serangan yang tidak lagi hanya menyasar kepentingan warga negara asing, tetapi menjadikan kepentingan nasional dan aprat negara sebagai musuh dekat.
“Serangkaian teror dalam kurun waktu dua tahun terakhir semakin mencemaskan. Peristiwa bom buku, bom mesjid di Cirebon, bom gereja di Solo, penyerangan pos polisi di Solo dan pembunuhan anggota polisi serta ledakan bom di Poso adalah fakta empiris yang menunjukan eksistensi jaringan kelompok radikal terorisme,” kata Agus Surya Bhakti saat menyampaikan paparan ‘Strategi Nasional Pencegahan Terorisme’ pada pembentukan FKPT di Provinsi Banten.(ant/wid/rmol.co)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.