Di Akhir Masa Jabatan, Anggota DPR Mulai Malas

JAKARTA,SNOL Wakil Ketua DPR RI, Pramono Anung menyatakan ada penurunan kehadiran anggota dewan pada tahun 2013 ini. Makanya, Pimpinan DPR segera melakukan koordinasi dengan Badan Kehormatan DPR untuk menertibkan anggota DPR yang malas.
Pria yang pernah menjab Sekjen DPP PDI Perjuangan itu¬† mengatakan kehadiran anggota dewan amat penting untuk mengurus persoalan legislasi. Karena hal itu adalah tugas utama anggota dewan. “Maka kehadiran anggota dewan untuk pembahasan legislasi yang akan didorong pimpinan,” kata Pramono di DPR, Jakarta, Rabu (20/2).
Selain itu dia mengimbau kepada fraksi-fraksi yang anggotanya pindah ke partai lain atau mengundurkan diri untuk segera diganti. Pasalnya hal itu akan mempengaruhi kinerja dewan.
Meskipun terjadi penurunan kehadiran, namun Pramono mengakui bahwa tingkat kemalasan itu tidak mencolok. Penyebabnya adalah banyak anggota dewan yang turun ke daerah pemilihan pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu. Namun hal itu menyebabkan terganggunya rapat pleno fraksi.
“Dulu (pelanggaran tata tertib) masih bisa ditoleransi tapi di tahun politik ini tanggung jawab anggota harusnya tidak kurang,” ucapnya.
Menurut pria yang akrab disapa Pram ini, PDI Perjuangan sudah menyiapkan langkah-langkah untuk mengatasi permasalahan ketidakhadiran anggota dewan. Menurut Pramono, fraksi telah  menginstruksikan kepada anggota untuk tetap hadir.
“Ada instruksi dari fraksi untuk tetap hadir. Jadi kalau mau turun ke daerah pemilihan harus dilakukan Jumat sampai Minggu,” kata Pramono. (gil/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.