KPU Pastikan PKPI Peserta Pemilu Terakhir

JAKARTA,SNOL Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sebagai peserta teakhir pada Pemilu 2014.

Partai besutan mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso itu mendapat nomor urut 15. “PKPI partai terakhir yang gugatannya diterima Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara, dan sudah tidak ada partai lain karena gugatannya ditolak,” kata Ketua KPU Husni Kamil Manik di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Menteng Jakarta, Senin (25/3).

Menanggapi masih adanya partai politik yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Agung lantaran tidak lolos verifikasi faktual, Husni enggan berkomentar lebih jauh. Namun, dia mengakui bahwa KPU memiliki waktu selama 30 hari untuk menyikapi putusan kasasi yang diajukan partai politik.

“Itu nanti saja, setelah ada keputusan dari Mahkamah Agung,” singkat Husni.

Seperti diketahui, KPU awalnya meloloskan 13 partai politik yang berhak menjadi peserta Pemilu 2014, tiga diantaranya adalah partai lokal di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Kemudian PKPI menyusul langkah Partai Bulan Bintang (PBB) yang berhasil ditetapkan sebagai peserta pemilu setelah memenangkan gugatan di Badan Pengawas Pemilu dan PPTUN.(wid/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.