Ratusan Pelajar Adu Kreasi Robot Berbahan Daur Ulang

TANGERANG,SNOL Seratusan pelajar SD hingga SMA dari berbagai wilayah seperti Bogor, Palembang, Jakarta dan Tangerang yang terbagi dalam 20 tim bersaing menciptakan kreasi robot terbaik dalam event Robotic School Cup 2013.

Event yang digelar Lembaga Pendidikan Robotic SARI (Solution to Artificial Robot Intelligence) ini berlangsung mulai 2 hingga 7 April di Atrium Mall @Alam Sutera, Tangerang.

Para peserta diwajibkan membuat robot dengan bahan yang berasal dari daur ulang.  Kompetisi ini memang sengaja dibuat untuk mendorong agar anak Indonesia mampu merancang dan menciptakan robot sendiri, tidak hanya merangkai produk merek robot dari luar negeri.

“Yang terpenting adalah kreasi tangan peserta sendiri dengan memanfaatkan bahan baku yang ada, bukan membeli dari produk yang telah ada di luar negeri,” ujar Academic Coordinator of SARI Yohanes Kurnia.

Kompetisi dalam Robotic School Cup 2013 terdiri dari 4 kriteria. Yaitu Robotic Games, Robotic Show, Robotic Demo, dan Robotic Competition dari Korea dan Singapura.

Kompetisi robot dalam Robotic Games dibagi menjadi lebih dari lima kelas. Yaitu, Building dan Construction, Creative Mechanic Challenge, Sumo RC Robot, Sumo Auto Robot, Maze Solving Robot, Blind Robot, Soccer Robot Competition, dan Fire Fighting Robot Competition.

“Dari kompetisi ini saya harap para peserta dapat menemukan pembelajaran. Misalnya pembelajaran tentang desain robot, inisiatif, self-directed, mengembangkan rasa ingin tahu, konsentrasi, sikap positif pada teknologi, dan perasaan empati terhadap robot,” ujarnya.

Pemilihan Tangerang sebagai lokasi event menurut Yohanes sesuai dengan target. “Tangerang kami nilai sebagai lokasi yang sangat strategis untuk menyasar para remaja,” jelasnya di sela-sela press conference.

Dalam kesempatan yang sama SARI juga menggelar pelatihan pemrograman bagi guru-guru untuk menambah wawasan dan pengalaman guru-guru mengenai pembuatan robot.(kiki/hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.