Belum Jelas Kapan KPK Periksa Sri Mulyani

JAKARTA,SNOL Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sepertinya setengah hati dalam melaksanakan niatannya untuk memeriksa Mantan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati (SMI).

Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto yang dikonfirmasi terkait pemeriksaan itu menjawab ngambang. Kata dia, pihaknya memang berencana melakukan pemeriksaan, namun hingga kini belum diketahui secara pasti kapan pemeriksaan itu dilakukan.

“Soal pergi ke beberapa negara itu, memang ada di dalam planing KPK. Cuma saya harus cek dulu jadwalnya tapi itu memang unstopable, artinya pasti kita periksa itu,” kata Bambang Widjojanto di gedung KPK, Jakarta, Rabu (17/4).

Jadwal pemeriksaan, kata mantan pengacara Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), harus disesuaikan terlebih dahulu dengan agenda kegiatan  Sri Mulyani yang saat ini statusnya Direktur Pelaksana Bank Dunia (World Bank).

“Ini juga tergantung agendanya. Kan kalau pergi keluar kami lihat juga kesibukan orang yang akan diperiksa,” demikian pria yang akrab disapa BW ini.

Ketua KPK Abraham Samad pernah mengungkapkan, KPK memeriksa Sri Mulyani di Amerika Serikat demi mempercepat proses penyidikan kasus Century. Selain itu kata Abraham, penyidik lembaganya juga akan terbang ke Tokyo dan Jepang untuk memeriksa saksi-saksi Century. Namun, dia tidak menyebutkan siapa saksi Century yang akan diperiksa di tempat tersebut.

Dalam kasus Century, KPK secara resmi menetapkan Deputi Gubernur BI nonaktif Budi Mulya sebagai tersangka. Dia diduga melakukan penyalahgunaan wewenang terkait pemberian FPJP dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal pada tahun 2008.(rsn/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.