KPK: BW Tak Bisa Ambil Keputusan di Kasus Century

JAKARTA,SNOL Posisi Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto dalam penanganan kasus pemberian Fasilitas Pendanaan Jangka Pendek (FPJP) dan penetapan Century sebagai Bank gagal berdampak sistemik dibatasi.

Jurubicara KPK, Johan Budi Sapto Prabowo menerangkan jika BW, sapaan Bambang Widjojanto, memang masih dilibatkan dalam perkara Century. Tapi, mantan ketua YLBHI itu tidak dalam kapasitas untuk mengambil keputusan.

“BW itu ngga ikut memutuskan kasus ini di KPK. Kan udah declare dia,” kata Johan.

Pernyataan ini dilontarkan Johan Budi menyusul sikap anggota timwas century DPR, terutama PKS yang menilai Bambang tidak boleh ikut dalam penanganan kasus, lantaran terlibat konflik kepentingan. Bambang, tercatat pernah menjadi pengacara Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Sebelumnya, seluruh Anggota Tim Pengawas Century dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) angkat kaki atau walkout dari ruang rapat Timwas DPR RI, di gedung parleman, DPR, Rabu (5/6). Sikap ini diambil, ketika Bambang Widjojanto diberikan kesempatan untuk berbicara mengenai kasus korupsi Bank Century.

Tidak cuma PKS, namun anggota Timwas Century DPR asal PPP, Ahmad Yani, juga mengingatkan kepada Wakil Ketua KPK, Bambang Widjadjanto (BW) untuk tidak ikut bicara soal Century.

“BW tak punya hak karena dia mantan pengacara Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Lagi pula, BW sendiri pernah bilang tak akan ambil bagian dalam kasus Century,” kata Yani belum lama ini.(ysa/rmol)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.