Usir Gelandangan yang Tidur di Bangku Taman

JAKARTA,SNOL Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan, pemasangan bangku taman di sepanjang Jalan Thamrin-Sudirman masih dalam tahap uji coba.
Ia ingin melihat reaksi warga Jakarta atas keberadaan bangku taman di sepanjang trotoar itu. Jika reaksi masyarakat positif maka hal yang sama akan dilakukan di wilayah-wilayah lain.
“Apakah hilang, dipakai tempat tidur atau istirahat orang jalan kaki karena itu fasilitas. Kalau nanti itu betul-betul dipakai (istirahat pejalan kaki, red), baru (permanen),” kata gubernur yang biasa dipanggil Jokowi ini di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (19/6).
Seperti diberitakan, Pemprov DKI Jakarta mendapat bantuan 340 bangku taman dari seorang pengusaha mebel asal Klaten, Jawa Tengah. Selasa (18/6) , sekitar 70 bangku telah dipasang di area Thamrin-Sudirman.
Jokowi mengaku telah mengecek langsung ke lapangan mengenai pemanfaatan bangku-bangku tersebut. Hasilnya, beberapa bangku itu digunakan oleh tuna wisma sebagai tempat tidur.
Jokowi memerintahkan Satpol PP untuk menertibkan para gelandangan itu. Menurutnya, masyarakat harus diajarkan secara bertahap untuk terbiasa menjaga faslitas umum.
“Nanti malam dicek lagi, kontrol apa nggak. Jadi butuh waktu yang panjang, ini mengubah kebiasaan nggak gampang,” ujar mantan Wali Kota Surakarta ini.(dil/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.