Jalan Kaki, Tingkatkan Kesehatan Jantung

JALAN kaki merupakan olahraga yang paling mudah dan memiliki resiko cedera lebih kecil. Menurut pakar kesehatan olahraga, jalan kaki bermanfaat untuk kesehatan jantung. Dan jalan kaki merupakan pilihan terbaik guna menyehatkan otot dan persendian, tulang, metabolisme, berat badan, dan pikiran.

“Berjalan kaki sangat ideal bagi orang dari segala kelompok umur, yang ingin tetap aktif dan fit tanpa memerlukan banyak usaha,” kata ahli gizi dan diabetes educator, Dr. Sunita Pathania, seperti yang dilansir laman Healthmeup, Selasa (25/6)
Berikut ini beberapa manfaat berjalan kaki:
1. Meningkatkan kesehatan jantung
Jalan kaki yang dilakukan secara teratur seumur hidup akan menurunkan resiko serangan jantung dan pembuluh koroner.
Selain itu, berjalan kaki secara teratur juga dapat membantu pasien lebih cepat pulih dari serangan jantung dan operasi bypass.
2. Meningkatkan kesehatan seksual
Berjalan kaki membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang tentunya akan memberikan dampak positif bagi kinerja seks Anda dan pasangan.
3. Membuat tubuh Anda tetap sehat
Jika Anda ingin tetap fit dan tidak punya waktu untuk melakukan beberapa aktivitas fisik,berjalan kaki secara teratur adalah cara paling sederhana untuk tetap fit.
4. Menguatkan otot-otot, ligamen, tendon, tulang rawan. Khusus pada wanita muda, jalan kaki memperlambat osteoporosis (keropos tulang).
5. Memperbaiki sistem pengaturan gula darah dalam tubuh. Banyak pasien diabetes melitus yang berkurang kebutuhan insulinnya karena rutin berjalan kaki.
6. Ideal untuk menjaga berat badan karena dapat meningkatkan penggunaan kalori, mengendalikan nafsu makan, dan membakar lemak. Tidak kalah penting, jalan kaki dapat meningkatkan citra diri serta mengurangi depresi dan stres.(fny/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.