Wamenhub: 20 Juta Warga akan Mudik

JAKARTA,SNOL Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono memperkirakan terjadi lonjakan penumpang dalam angkutan lebaran tahun ini sekitar 10 persen dibanding tahun 2012.
“Secara keseluruhan totalnya mencapai 18-20 juta orang yang akan mudik. Ini berdasarkan survey yang kita lakukan terhadap 12 kota utama tujuan mudik,” katanya di Jakarta, Rabu (3/7).
Dikatakan, untuk angkutan laut diperkirakan tidak ada lonjakan luar biasa besar dibanding tahun lalu, tapi pihaknya tetap menyiapkan kapal tambahan.
“Kita juga tetap akan siagakan angkutan darat untuk mengcover penumpang kereta api yang tidak kebagian tiket. Karena kereta api saat ini kan sudah menerapkan one ticket one man dan masih ada yang mencoba datang padahal tanpa melakukan pemesanan terlebih dulu sehingga terlihat ada penumpukan,” ujarnya.
Bambang juga mengungkapkan, puncak arus mudik tahun ini diperkirakan akan lebih merata. Serta variabel masyarakat melakukan mudik setelah menerima tunjangan hari raya (THR).
“Makanya kita mengimbau kepada perusahaan yang memberikan THR agar diberikan awal-awal sehingga mudiknya lebih cepat dan tidak terjadi penumpukan. Ya kalau bisa seminggu sebelum hari H sudah dberikan sehingga tidak ekstrem,” pungkas Bambang.(ian/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.