Pemudik di Pelabuhan Merak Diprediksi Naik 6 Persen

MERAK, SNOL Arus Mudik Lebaran di Pelabuhan Merak diprediksi mengalami peningkatan 6 persen dibanding tahun lalu. Puncak kepadatan penumpang baik kendaraan maupun pejalan kaki terjadi H-3 Lebaran.
Hal ini disampaikan Direktur Lalu Lintas Kementerian Perhubungan RI, Sudirman Lambali usai memimpin rapat koordinasi dengan sejumlah instansi baik dari Provinsi Banten dan Provinsi Lampung yang diselenggarakan di Kantor PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak, Selasa (9/7).
“Mengorganisir orang banyak yang ada di pelabuhan ini bisa saja timbul persepsi-persepsi yang berbeda. Dan dari situ timbul konflik. Maka dari itu, belajar dari pengalaman tahun sebelumnya, persepsi-persepsi inilah harus kita bangun menjadi satu, supaya komandonya menjadi jelas,” kata dia.
Sudirman optimis  dengan kapasitas angkutan mudik yang telah dipersiapkan, arus mudik tahun ini dapat lebih baik. Terkait antrean kendaraan yang kerap mengular hingga keluar Pelabuhan Merak, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk membantu mengatur arus kendaraan yang terjadi di darat.
Sementara solusi penanganan di pelabuhan, dia meminta Pelabuhan Bakauheni mempercepat bongkar muat guna mengatasi terjadinya penumpukan kendaraan.
“Apabila terjadi penumpukan kendaraan hingga keluar pelabuhan, kami telah berkoordiasi dengan pihak kepolisian untuk membantu arus lalu lintas memanfaatkan arus jalur di atas. Di Pelabuhan Bakeuheni juga kita meminta untuk mempercepat proses bongkar muat, kalau bisa 20 menit karena, arus mudik padatnya di Pelabuhan Merak, jadi bongkar muat di Pelabuhan Bakeuheni bisa dipercepat. Ini juga kami antisipasi supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan hingga jalan tol,” tandasnya.
Kementrian Perhubungan menyiapkan 39 kapal di Pelabuhan Merak. “Kami juga sudah menyiapkan tiga kapal tambahan untuk membantu memudahkan arus mudik,” tuturnya.
Ketua Gapasdap Merak, Togar Napitupulu menjelaskan, pengusaha kapal swasta siap menyukseskan arus mudik Lebaran tahun ini. Namun, Togar juga berharap agar pemerintah segera memperbaiki infrastruktur yang ada di pelabuhan.
“Dengan kapal yang ada, kami siap mendukung angkutan Lebaran nanti. Kalau kami diminta cepat dalam melakukan bongkar muat, tentu kami siap. Tapi bantalan di dermaga juga harus diperhatikan supaya kapal kita tidak rusak. Saya harap pemerintah bisa mengerti hal itu,” tegasnya.
General Manager PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak, Suprianto optimis arus mudik Lebaran tahun ini berjalan sukses. “Dari rapat koordinasi dengan melibatkan banyak pihak-pihak terkait ini, kami yakin arus mudik Lebaran tahun ini dapat berjalan sukses dan lancar,” tandasnya. (nal/igo/deddy/bnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.