Tiga Pasangan Cabup Lebak Lolos Tes Kesehatan

LEBAK, SNOL Tiga pasangan bakal calon bupati (balonbup) dan bakal calon wakil bupati (balon wabup) Lebak 2013 dinyatakan lolos dari persyaratan administrasi dan tes kesehatan tim IDI Lebak.
KPU Lebak kemudian memberikan surat pemberitahuan kepada tiga pasangan balonbup tersebut pada Rabu (10/7) sore. Ketiganya yakni Iti Octavia Jayabaya–Ade Sumardi (IDE), Amir Hamzah–Kasmin (HAK) dan Pepep Faisaludin–Aang Rasyidi (Panglima).
“Berdasarkan rapat pleno hasil verifikasi persyaratan administrasi dan kesehatan, semua bakal pasangan balonbup telah memenuhi syarat,” kata Ketua KPU Lebak Agus Sutisna saat menggelar jumpa pers di kantor KPU Lebak, Rabu (10/7). Hadir empat komisioner KPU Lebak yang lain dan Sekretaris KPU Lebak Maman Budiman.
“Dari sebanyak 31.952 dukungan foto copy KTP (kartu tanda penduduk-red) perbaikan yang disampaikan tim pasangan Panglima beberapa waktu yang lalu, sebanyak 24.815 memenuhi syarat, sisanya 7.137 TMS (Tidak Memenuhi Syarat-red). Jika dijumlahkan dengan persyaratan tahap pertama yakni 17.940 ditambah 24.815 sehingga totalnya mencapai 42.755 suara. Sementara dukungan minimal calon perseorangan adalah 31.518, sehingga Panglima lolos, Panglima pun sebaran pendukungnya di 16 kecamatan dari 28 kecamatan yang ada di Kabupaten Lebak. Kalau pasangan balonbup dari parpol sudah memenuhi syarat dari awal,” papar Agus.
Berdasarkan hasil pemeriksaan tes kesehatan yang dilakukan IDI Kabupaten Lebak, semua pasangan balonbup dinyatakan sehat. “Kita memang tidak meminta secara detail item hasil pemeriksaannya secara satu-per satu karena berdasarkan Peraturan KPU Nomor 9/2012 tentang Tahapan Pencalonan Kepala Daerah tidak diatur soal itu,” ujar Agus.
Hasil pemeriksaan tes kesehatan ditandatangani Ketua dan Sekretaris IDI Lebak yakni dr Andi Gozali Said dan dr Andi Fitriyani. Ketua IDI Kabupaten Lebak dr Andi Gozali Said mengaku, pihaknya tidak mengumumkan item hasil pemeriksaan karena bertentangan dengan kode etik kedokteran.
“Semua pasangan balonbup dinyatakan sehat untuk menjadi calon pemimpin Lebak,” jelasnya, sambil menutup ponsel. (ahmadi/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.