Awas, Peredaran Uang Palsu Meningkat

F-UANG-ISTJAKARTA,SNOL Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat mewaspadai peredaran uang palsu menjelang lebaran Idul Fitri. Kasus upal mengalami peningkatan selama Ramadan karena pelaku memanfaatkan kelengahan masyarakat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombespol Rikwanto mengatakan, meningkatnya peredaran upal bisa disebabkan beberapa faktor, salah satunya peningkatan aktivitas ekonomi menjelang lebaran.

“Biasanya karena aktifitas ekonomi masyarakat meningkat sehingga peredaran uang juga meningkat,“ kata Rikwanto di Jakarta, Rabu (17/7).

Dijelaskannya, kesibukan masyarakat terutama pedagang dalam melakukan transaksi kerap dimanfaatkan pelaku mengedarkan upal. Apalagi masyarakat tidak lagi sempat untuk memperhatikan uang tersebut saat melakukan transaksi.

“Para pedagang kecil yang belum mengetahui secara pasti mengenai uang palsu kerap jadi sasaran. Mereka sibuk transaksi, itu yang dimanfaatkan oleh pelaku,“ ujar Rikwanto.

Modus yang dijalankan pelaku biasanya juga sulit terpantau, misalnya mereka juga membeli barang seperti pembeli lain pakai upal, kemudian memperoleh kembalian dalam bentuk uang asli.

“Kesibukan melakukan transaksi jual beli jangan membuat pedagang lengah. Kita himbau masyarakat lebih berhati-hati dan segera melapor ke pos polisi terdekat bila menemukan upal,” pungkasnya.(Fat/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.