Indra Sjafri Berpeluang Naik Pangkat

Skuat Timnas U-19 Bakal Ditambah
JAKARTA,SNOL Indra Sjafri sepertinya bisa bernafas lega dengan posisinya di kursi pelatih timnas Indonesia U-19. Pasalnya, pasca mengantarkan Evan Dimas Darmono dkk merengkuh dalam ajang Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Minggu malam lalu (22/9), Badan Tim Nasional (BTN) akhirnya tetap mempercayakan tongkat pelatih kepadanya.
Kepastian tersebut ditegaskan ketua umum BTN, La Nyalla Mahmud Mattalitti kemarin (23/9). Menurut La Nyalla, pihaknya menganggap Indra sudah mampu merealisasikan target juara di Piala AFF.
“Makanya, kami tetap memberi kepercayaan kepadanya untuk memimpin anak-anak di laga selanjutnya,” ujar La Nyalla.
Dengan diperpanjangnya kembali masa kerjanya, maka pria kelahiran Padang, 50 tahun yang lalu itu bakal mendapat tugas lebih berat lagi. Ya, bulan depan timnas AFF U-19 akan melakoni lagi perjuangannya di level Asia, kali ini dalam babak kualifikasi Piala Asia U-19 yang akan mulai digelar 8 – 12 Oktober mendatang.
BTN menyebut posisi Indra bisa naik pangkat ke level yang lebih senior. Syaratnya, minimal untuk yang sudah di depan mata adalah membawa Garuda Jaya melenggang dari kualifikasi dan tampil di Piala Asia 2014, di Myanmar, tahun depan.
“Kami akan melihat lagi prestasinya nanti seperti apa. Kami tidak mau berandai-andai, kalau bagus, ya kenapa tidak,” cetusnya.
Terkait dengan skuad Merah Putih saat ini, La Nyalla menegaskan bahwa tidak akan ada yang berubah. Tidak akan ada satu pun pemain yang terdepak dari timnas setelah Piala AFF kemarin. Hanya, dia tidak bisa memungkiri jika sudah ada rencana untuk menambahi jumlah pemain tersebut.
Salah satunya dengan cara melakukan talent scouting ke beberapa daerah dalam beberapa pekan ke depan.
“Karena masih banyak potensi pemain muda di daerah yang masih belum terdeteksi. Seperti dari daerah Papua, kan tidak ada yang masuk ke timnas saat ini, padahal di sana kan banyak pemain bagus,” bebernya.
Lebih lanjut, La Nyalla berharap skuad yang ada di Piala AFF ini tidak banyak dibongkar-pasang untuk ajang berikutnya. Artinya, skuad ini akan terus dipertahankan sesuai dengan level usianya.
“Bukan tidak mungkin mereka akan tetap bertahan sampai SEA Games 2017, dan tetap dipimpin coach Indra Sjafri,” jelasnya.
Sementara itu, Indra Sjafri membenarkan bahwa dirinya sudah ditunjuk kembali membesut Garuda Jaya untuk kualifikasi piala AFC. Indra menjelaskan bahwa dalam meeting tim pagi kemarin (23/9), Joko Driyono (Sekretaris Jenderal PSSI) menyatakan bahwa saya melanjutkan tugas sebagai pelatih timnas U-19.
“Tentu itu berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan mereka. Saya sebagai pelatih siap saja menjalankan amanah ini,” katanya. Indra mengatakan untuk saat ini, timnya sedang menjalani liburan. Pada kamis (26/9) malam depan tim akan kembali dikumpulkan untuk menjalani training center lagi.
“Kita ikuti perkembangannya, jika memang nanti venuenya tetap di Sidoarjo. Maka TC kami juga akan disini,” jelasnya. Dia mengakui bahwa setelah pulang ke Jogjakarta, domisilinya saat ini. Dia akan mengunjungi pusara ibundanya di Pekan Baru Riau. (ren/nap/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.