Ganti Lift, Puncak Monas Tutup Dua Bulan

JAKARTA,SNOL Pemprov DKI Jakarta menggelontorkan dana Rp 4 miliar untuk pergantian lift dan perbaikan beberapa bagian dari Monumen Nasional (Monas). Karena adanya perbaikan tersebut, puncak Monas ditutup untuk umum selama hampir dua bulan atau mulai 21 Oktober hingga 15 Desember nanti. Pengunjung yang ingin melihat pemandangan Kota Jakarta dari puncak Monas harus sabar menunggu setelah perbaikan selesai.
Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Maryanto menyatakan bahwa dana perbaikan dan pergantian lift Monas diambil dari APBD 2013. Menurut dia, lift Monas yang dipakai saat ini beroperasi sejak 10 tahun lalu. “Itu sudah termasuk dana perencanaan, administrasi, dan penggantian (lift). Sudah menyeluruh,” ujar dia saat ditemui di Monas, Jakarta Pusat, Kamis (17/10).
Menurut dia, pergantian tersebut dilakukan karena frekuensi pemakaian lift Monas sangat tinggi selama beberapa tahun ini. Dari sisi usia, lift Monas itu termasuk tua. Jadi, sudah saatnya diganti dengan lift yang baru untuk menunjang keselamatan, kenyamanan, dan kelancaran pengunjung ke tempat wisata itu. “Daripada membahayakan pengunjung, lebih baik kita ganti,” tutur dia.
Dia menerangkan, lift Monas beroperasi rutin setiap hari dengan kapasitas 11 orang. Frekuensi penggunaannya 160 kali setiap hari. Selama 2003 hingga 2013 lift Monas mengangkut total 4.364.509 pengunjung.
Meski setiap bulan ada perawatan rutin, penggantian lift perlu dilakukan. “Ini sesuai dengan SOP (standard operating procedure) yang mengharuskan lift diganti setiap 10 tahun,” jelas dia.
Untuk mengobati kekecewaan pengunjung karena tidak bisa ke puncak Monas, pihaknya akan membuat atraksi budaya setiap Sabtu dan Minggu mulai bulan depan. (fai/dwi/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.