UKM Wajib Bangun Brand Sendiri

TANGERANG,SNOL Salah satu cara yang bisa dilakukan pelaku usaha dalam meningkatkan daya saing ausahanya adalah dengan membangun merek (branding) sendiri. Namun sayangnya pengusa­ha khususnya usaha kecil menengah (UKM) kurang serius dalam mem­bangun brandnya
Djoko Kurniawan dari DJ Consul­tant of Business mengatakan karena merek adalah identitas yang men­empel dan memiliki arti tersendiri di benak konsumen maka pengusaha tidak terkecuali usaha kecil menen­gah (UKM) perlu membangun brand mereka.
“ brand akan memengaruhi pe­rilaku konsumen dalam membeli. Itu sebabnya, brand penting bagi perusahaan, terutama bagi mereka yang sedang merintis bisnisnya,” ujar Djoko.
Menurut Djoko dengan merek tersebut akan memberikan nilai tam­bah (added value) yang tinggi bagi produk yang dihasilkan. Contohnya adalah perbedaan penjual ayam goreng biasa dengan ayam goreng McDonald’s atau Kentucky Fried Chicken (KFC).
Meskipun sama-sama memasarkan daging ayam goreng , namun produk milik McDonald’s atau KFC terse­but bisa bernilai berkali-kali lipat dibandingkan produk ayam goreng pada umumnya. Ini karena, Mc­Donald’s atau KFC telah memiliki merek yang kuat dan dikenal oleh masyarakat dunia.
Djoko juga menambah agar se­makin kuat UKM juga harus mener­apkan standarisasi agar bisa dikem­bangkan lebih cepat. Standar itu perlu untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkannya. (hendra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.