Tim Pengendalian Inflasi Daerah Dibentuk

TIGARAKSA,SNOL  Pemerintah Kabupaten Tangerang membentuk Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID), Senin (27/1). Wakil Bupati Hermansyah memimpin langsung rapat pembentukan TPID di Ruang Rapat Bola Sundul Gedung Usaha Daerah (GUD).
Hermansyah mengatakan, masalah stabilitas harga atau pengendalian inflasi dinilai sangat penting, karena berdampak pada pertumbuhan ekonomi yang positif dan berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat. Sehingga pemerintah memutuskan untuk membentuk TPID yang diharapkan mampu bekerja maksimal
“Pemerintah berupaya membentuk TPID pertama kali di Kabupaten Tangerang. Harapannya untuk memberikan kontribusi dan pencegahan atau solusi inflasi daerah serta mereka bisa bekerja sesuai dengan tanggung jawab, agar upaya pengendalian inflasi di daerah sesuai Perda dan undang-undang,” ujarnya.
Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Iskandar Mirsad menambahkan, dalam 25 program unggulan sudah mengarah terhadap inflasi dan pengendalian inflasi. Bahkan sudah dijalankan untuk jangka panjang dan hanya belum membentuk TPID. Sebagai evaluasi, akan diadakan pertemuan dengan pihak terkait dan ada evaluasi setiap tiga kali dalam setahun serta sebagai bahan laporan kepada Bank Indonesia (BI) Banten tentang hasil output inflasi Kabupaten Tangerang.
“Untuk itu diharapkan Badan Pusat Statistik (BPS) dan pihak yang terkait membantu menghitung inflasi. Sehingga tidak perlu merujuk ke Kota Tangerang dan menjadi inflasi Kabupaten Tangerang,” kata Sekda.
Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tangerang, Hendra Irsansyah menambahkan akan membantu mengarahkan gambaran barometer untuk inflasinya, agar tim teknis kerja bisa bekerja sesuai dengan harapan serta mampu mengagendakan pertemuan setiap saat.
Sementara, Budiharto Setyawan, perwakilan Bank Indonesia (BI) Banten mengucapkan selamat kepada Pemkab Tangerang karena telah membentuk TPID. Menurutnya Pemkab Tangerang berbeda dengan kota atau kabupaten lainnya dikarenakan sudah cukup maju dan sangat proaktif.
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tangerang, Budi Supriyanto mengatakan, pihaknya siap membantu dan mengendalikan inflasi. “Tak perlu merujuk ke Kota Tangerang lagi. Kabupaten Tangerang bisa menentukan tingkat inflasinya sendiri,” pungkasnya. (aditya/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.