Pernyataan Camat Kopo Disoal

Anggap Tidak Tepat Angkat Sekdes CPNS
SERANG, SNOL Puluhan sekretaris desa (Sekdes) tergabung dalam Forum Sekretaris Desa (FSD) Kabupaten dan Kota Serang mendatangi Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten Serang, Rabu (29/1). Kedatangan mereka menuntut klarifikasi Camat Kopo, Deni Firdaus yang dianggap melakukan pelecehan terhadap jabatan Sekdes.
Ketua Forum Sekdes Kabupaten dan Kota, Irawan mengatakan, kedatangannya dalam rangka memprotes serta mengklarifikasi pernyataan Camat Kopo saat apel Kesadaran Nasional di Kecamatan Kopo beberapa waktu lalu yang menyampaikan kepada khalayak umum bahwa pemerintah tidak tepat mengangkat Sekdes PNS (Pegawai Negeri Sipil).
“Kami protes terhadap pernyataan Camat Kopo, agar mengklarifikasi pernyataan Camat itu,” ujarnya kepada wartawan, kemarin. Irawan menyayangkan atas sikap kepala daerah yang tidak bisa menjaga lisannya sebagai atasan di Pemerintah Desa yang seharusnya jadi panutan. Menurutnya dengan pernyataan itu jelas akan mengganggu kinerja Sekretaris Desa. “Sebagai atasan harusnya bisa membina. Bukan malah sebaliknya yang berdampak pada kinerja bawahannya,” katanya.
Senada dikatakan Sekdes Carenang, Kecamatan Carenang, M Rohman. Menurutnya pernyataan Camat tersebut tidak sepantasnya dikatakan di depan publik, karena dengan begitu akan menimbulkan persepsi-perepsi lain. Untuk itu, dirinya meminta Pemkab Serang memberikan sanksi kepada yang bersangkutan dan mengklarifikasi pernyataannya.
“Dengan adanya pernyataan itu, harus ada langkah yang diambil Pemkab Serang selain shock terapi kepada camat itu, agar kami juga bisa nyaman dalam bekerja,” katanya. Sementara Asisten daerah (Asda) I Setda Kabupaten Serang, Nana Sukmana berjanji akan segera memanggil dan meminta klarifikasi camat tersebut. Hasil dari pertemuan dengan camat itu, akan segera disampaikan kepada seluruh Sekdes yang bertugas di Kabupaten Serang.
“Hari ini juga akan saya panggil, mau seperti apa, dan hasilnya bagaimana nanti akan saya sebar kepada semua Sekdes,” katanya. Nana berharap, kejadian ini dapat menjadi hikmah bagi Pemkab Serang untuk memperbaiki dan memperhatikan aparat pemerintahan di desa. Maka kedepan Pemkab Serang akan melakukan program-program yang berkaitan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa khususnya bagi Sekdes. “Semuanya ada hikmahnya, nanti kita akan ada penguatan SDM, seperti pelatihan IT dan sebagainya. Dimana hal itu dalam rangka peningkatan pengetahuan SDM tentunya,” pungkasnya. (arif/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.