Krakatau Steel Terima Slab Baja Perdana dari KS Posco

CILEGON, SNOL PT Krakatau Steel (Persero) Tbk menerima pasokan slab baja perdana dari PT Krakatau Posco (KS Posco). Usaha patungan dengan Posco Korea ini merupakan bagian dari 80.000 ton slab baja yang akan dipasok oleh Krakatau Posco untuk bulan ini.
“Pasokan slab ini akan memaksimalkan utilisasi kapasitas dari unit produksi yang dimiliki oleh Krakatau Steel saat ini,” ujar Direktur Utama Krakatau Steel, Irvan K Hakim dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/3).
Nantinya Krakatau Steel akan mendapatkan pasokan minimal 1 juta ton slab baja per tahun atau setara 50 persen dari 2,1 juta ton, total kebutuhan slab baja pada tahun ini.
“Adanya sumber slab dari Krakatau Posco akan mampu meningkatkan daya saing perusahaan, menurunkan biaya produksi, dan mempercepat delivery. Selain itu, adanya pasokan ini akan membuat fleksibilitas pemenuhan order lebih baik dari sebelumnya,” ungkap Irvan.
Ditambahkan Irvan bahwa pengiriman slab baja ini akan mampu mengatasi persoalan fluktuasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, yang cukup menghantam industri baja nasional, karena lead time order yang jauh lebih singkat. Ke depan, pihaknya yakin sinergi ini dapat meningkatkan kinerja perusahaan.
“Sinergi bisnis ini akan mampu mendorong tumbuh berkembangnya industrialisasi di Indonesia, karena produk baja merupakan kebutuhan yang mendasar di berbagai sektor industri. Infrastruktur dalam negeri juga akan turut tumbuh mengingat industri baja membutuhkan berbagai sarana infrastruktur,” terang dia.
PT Krakatau Posco adalah perusahaan joint venture (patungan) antara salah satu perusahaan baja terkemuka di dunia asal Korea Posco, dengan produsen baja terbesar di tanah air, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. Komposisi sahamnya saat ini adalah 70 persen untuk Posco, 30 persen untuk PT Krakatau Steel dan akan meningkat menjadi 45 persen di tahun 2015. PT Krakatau Posco telah beroperasi secara komersial dengan diresmikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada akhir Desember 2013 yang lalu. (chi/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.