RSUD Kota Resmi Beroperasi

TANGERANG, SNOL Setelah sempat tertunda beberapa kali, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang akhirnya mulai kemarin secara resmi beroperasi. Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh tokoh masyarakat dari 13 kecamatan. “Saya sengaja tidak mengundang Menteri Kesehatan tetapi masyarakat secara langsung untuk meresmikan RSUD Kota Tangerang,” kata Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah dalam peresmian RSUD Kota Tangerang, Senin (10/3).
Arief menerangkan, peresmian RSUD Kota Tangerang sempat tertunda karena adanya kelengkapan yang belum siap. Namun, kini RSUD Kota Tangerang sudah siap melayani masyarakat mulai dari rawat inap dan jalan.
RSUD Kota Tangerang memiliki 300 kapasitas tempat tidur dengan bangunan delapan lantai. Pembangunan dengan biaya RP 700 miliar meliputi gedung dan alat kesehatan. Diharapkan RSUD Kota Tangerang menjadi pusat rujukan bagi seluruh rumah sakit di Kota Tangerang. “Saat ini masih ada masyarakat yang dirujuk ke rumah sakit di Jakarta. Ke depannya, rujukan akan ke RSUD Kota Tangerang dengan kelengkapan peralatan yang memadai,” ujarnya.
Masyarakat Kota Tangerang yang akan berobat ke RSUD, cukup membawa KTP dan KK. Bagi yang mengalami sakit kronis dan tidak mendapatkan rujukan dari Puskesmas, maka bisa langsung. “Di sini juga ada poli 24 jam bila memang nantinya ada Puskesmas yang tutup,” katanya.
Namun meski operasional RSUD sudah resmi dijalankan, Arief menambahkan kerjasama dengan 32 RS rekanan dikatakan tetap dilanjutkan. “Tetap dilanjutkan, tidak ada yang dihentikan,” terangnya.
Direktur RSUD Kota Tangerang, Dr Ati Pramudji mengatakan, RSUD Kota Tangerang memiliki keunggulan karena punya 64 slide CT scan dan pertama di Provinsi Banten. Dengan begitu, maka diagnosa terhadap penyakit akan lebih sensitif. Selain itu, di RSUD Kota Tangerang terdapat 39 dokter spesialis dan 43 dokter umum. “Seluruh dokter telah siap memberikan pelayanan kepada masyarakat. RSUD ini memiliki keunggulan yakni 64 slide CT Scan,” ujarnya. (jojo/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.